Kontroversi Mobil Mewah Kim Jong Un yang Dikabarkan Meninggal

0
666
Kontroversi Mobil Mewah Kim Jong Un yang Dikabarkan Meninggal
Kontroversi Mobil Mewah Kim Jong Un yang Dikabarkan Meninggal

Kim Jong Un dikabarkan meninggal dundia usai mengalami kerusakan otak dan kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular. Kebenaran meninggalnya Pemimpin Korea Utara itu kini tengah diselidiki, termasuk oleh China dan Amerika Serikat.

Sebelum kabar ini berhembus, sosok Kim Jong Un sendiri sudah cukup menarik perhatdian publik. Terlebih soal gaya hidupnya yang terbilang mewah sehingga menjadi kontroversi. Gaya hidup mewah Kim Jong Un itu juga terlihat dari kendaraan yang dia pakai. selera mewah Kim Jong Un itu seperti limosin Mercedes-Benz yang sering dia pakai. Mobilnya pun berlapis baja hitam seharga GBP 1,2 juta atau setara Rp 23 miliar.

Namun, beberapa tahun lalu berhembus kabar soal mobil tersebut merupakan hasil selundupan. Pada 2018 lalu, saat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Singapura, Mercedes-Benz lapis baja itu menjadi sorotan.

Hasil Selundupan

Dilansir dari Telegraph, Rabu (13 Juni 2018), Mercedes-Benz yang dipakai Kim, nyatanya bisa terbilang pelanggaran sanksi PBB. Pasalnya, sejak 2014 lalu, PBB memberlakukan larangan impor barang mewah ke Korea Utara.

Ini adalah sanksi karena negara itu dituduh membangun instalasi nuklir secara tidak sah. Lalu bagaimana Kim Jong-un memiliki Mercedes-Benz S600 yang dipakainya untuk melakukan berbagai kunjungan negara?

Ekspor mobil-mobil itu merupakan pelanggaran sanksi oleh PBB, Uni Eropa, dan Amerika Serikat, yang semuanya secara khusus melarang kendaraan mewah dijual ke Korea Utara. Jika Kim memiliki Mercy mewah, maka kemungkinan besar limusin tersebut didapat melalui perantara di Cina atau Rusia.