Qualcomm baru saja memperkenalkan Snapdragon 768G. Chipset ini diklaim lebih nendang untuk gaming.

Snapdragon 768G merupakan peningkatan dari Snapdragon 765G yang diumumkan Desember lalu. Sejumlah perbaikan dan peningkatan diberikan vendor chipset yang bermarkas di San Diego itu.

Snapdragon 768G menggunakan CPU Kryo 475 yang memiliki clock speed hingga 2,8 GHz, meningkat dari 2,4GHz. GPU menggunakan Adreno 620 yang menawarkan peningkatan performa hingga 15%.

Selain peningkatan performa, Snapdragon 768G juga dirancang untuk memberikan performa gaming. Chipset ini membawa fitur Snapdragon Elite Gaming untuk memberikan optimisasi dan ekstensi game. Menjanjikan permainan yang lebih lancar dengan detil gambar dan warna yang semakin terperinci dengan keakuratan 10-bit HDR serta dukungan kayar 120Hz.

Seperti Snapdragon 765G, chipset ini membawa dukungan 5G. Qualcomm menyertakan Snapdragon X52 5G Modem-RF System mendukung seluruh area-area utama dan frekuensi, termasuk 5G mmWave dan sub-6 GHz, 5G SA dan NSA, TDD dan FDD dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS), roaming 5G global dan dukungan multi-SIM. Snapdragon X52 5G Modem-RF System memiliki kecepatan download hingga 3,7Gbps dan upload hingga 1,6Gbps.

Qualcomm AI Engine generasi kelima disertakan menyempurnakan hampir seluruh pengalaman mobile, mulai dari kamera, audio, suara hingga gaming. Selain itu diberikan kemampuan multi kamera serta konsumsi daya baterai yang hemat.

Kendati baru diumumkan Qualcomm, perangkat pertama yang dimodali Snapdragon 768G sudah dirilis. Ponsel tersebut adalah Redmi K30 5G Racing Edition.