Pandemi Corona, Pengeluaran Internet Naik

0
73

Alokasi pengeluaran belanja untuk internet bertambah selama pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona.

Hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center menunjukkan bahwa pengeluaran belanja masyarakat atas kebutuhan internet pada 2020 ini mencapai 8,1 persen, sedangkan tahun lalu hanya sebesar 6,1 persen. Dengan demikian terdapat kenaikan 2 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut Hasanuddin Ali, peningkatan pengeluaran belanja internet masyarakat itu dipengaruhi juga oleh kebijakan pemerintah untuk bekerja di rumah dan sekolah dari rumah.

Prime time-nya jam 8 malam,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali.

Kenaikan belanja internet itu dilakukan untuk bertukar pesan (86,5 persen), berselancar di dunia maya (80,5 persen), mengakses jejaring sosial (70,3 persen), menonton video tanpa unduh atau video streaming (55,0 persen), mengirim e-mail (53,8 persen) dan mengunduh (53,5 persen).

Selebihnya untuk belanja online (44,6 persen), pembayaran online (40,4 persen), internet banking (33,7 persen), telepon internet (32,3 persen), mendengar musik (29,9 persen), transportasi online (29,4 persen), game online, belajar online (28,6 persen), video conference (25,3 persen), e-book/e-reader (16,0 persen) dan lainnya (3,0 persen).

Sumber : CNN [dot] COM