Triggerfish, Ikan yang Punya Mulut dan Gigi Seperti Manusia

0
287

Salah seorang warganet di media sosial Twitter, mengunggah foto seekor ikan yang mulut, gigi, dan bibirnya seperti manusia. Foto itu diunggah oleh akun @raff_nasir pada 2 Juli 2020 lalu.

Image

Menurut The New York Post, ikan itu merupakan jenis ikan Triggerfish yang juga sempat ditemukan di salah satu pantai di California, AS pada bulan Desember 2019.

 

Triggerfish atau ikan Trigger merupakan ikan buas yang lazim dipelihara dalam aquarium. Umumnya ikan jenis trigger ini adalah ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia.

Ikan Trigger bisa disebut sebagai musuh para nelayan karena ikan ini memiliki gigi-gigi yang tajam. sering memutuskan tali pancing atau merobek jala nelayan.

Dilansir National Geographic, setidaknya ada 40 spesies ikan Trigger yang tersebar di seluruh dunia. Selain di Indonesia, ikan ini juga banyak ditemukan di wilayah Pasifik Timur Meksiko hingga Chilli.

Beberapa spesies tumbuh lebih besar dan ukuran maksimumnya 3,3 kaki atau sekitar 1 meter dan bentuk tubuhnya oval. Sirip atas dan bawah ikan terbilang cukup besar.

Karena sirip berukuran besar, ikan Trigger bisa berenang dengan cepat menggunakan sirip dan ekor mereka. Ikan Trigger lebih suka tinggal di perairan dangkal dekat pantai, terutama di sepanjang terumbu karang seperti dilansir Animals.

Selain itu, ada juga ikan Trigger yang hidup di Samudra. Artinya dia juga bisa hidup di lautan terbuka dan tidak dekat dengan pantai. Sebagian besar spesies hidup di perairan tropis, lalu sebagian spesies lain hidup di lautan subtropis.

Makanan utama ikan Trigger adalah hewan invertebrata seperti ubur-ubur, hydra, cumi-cumi, dan cacing.

Ikan Trigger ini bisa dipelihara oleh manusia, bagi pecinta ikan laut yang ingin memelihara ikan ini, mesti mengisi akuarium mereka dengan air asin. Selain itu, suhu, salinitas, dan pH juga mesti diperhatikan.

Banyak spesies ikan Trigger yang bersifat teritorial Sang jantan akan mempertahankan wilayahnya untuk memikat betina.

Setiap spesies ikan memiliki tingkat reproduksi yang sangat bervariasi. Betina akan membuat lubang kecil di tumpukan pasir untuk bertelur. Triggerfish remaja akan hidup di antara rumput laut atau sargassum apung untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Sumber : CNN [dot] COM