2019 rupanya merupakan tahun penuh berkah bagi Elon Musk. Ia dinobatkan sebagai CEO dengan gaji tertinggi dalam daftar terbaru yang dirilis Bloomberg.

Seperti diketahui, Musk merupakan CEO SpaceX dan Tesla, dua perusahaan ternama di bidang teknologi dan otomotif. Dikutip detikINET dari Mashable, Minggu (12/7/2020) ia berhasil membawa pulang USD 595 juta (Rp 8,5 triliun) sepanjang tahun 2019.

Tapi Musk tidak mendapatkan ratusan juta dolar tersebut dari gaji utamanya, ia malah sering melupakan gaji tahunannya. Pria berusia 49 tahun itu justru meraup pendapatannya dari saham Tesla.

Baru-baru ini, saham perusahaan mobil listrik ini menembus angka USD 1.400 per lembar dan Musk memiliki 20,8% dari saham perusahaannya tersebut. Kekasih Grimes ini juga menjadi pemegang saham utama di SpaceX serta The Boring Company yang didirikannya.

Dengan berada di posisi pertama, Musk berhasil mengalahkan CEO ternama lainnya, Tim Cook. CEO Apple ini berada di posisi kedua dengan total pendapatan sebesar USD 133 juta, yang mencakup gaji tahunan sebesar USD 3 juta.

Selain Elon Musk, bos teknologi terkenal lainnya yang berada dalam daftar 10 teratas termasuk CEO Intel Robert Swan di posisi ketujuh (USD 99 juta), CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai di posisi kedelapan (USD 86 juta), dan CEO Microsoft Satya Nadella di peringkat sembilan (USD 77 juta).

Peringkat 10 teratas memang didominasi oleh CEO laki-laki. Sedangkan dalam peringkat 100 teratas, hanya ditemukan empat petinggi perempuan.

Dalam daftar tersebut ditemukan nama Sheryl Sandberg, yang tidak memegang posisi CEO tapi Chief Operating Officer Facebook. Ia berada di peringkat 72 dengan pendapatan hampir USD 32 juta.