6 Pertimbangan Sebelum Work From Hotel di Masa Pandemi Corona

0
519

Semakin banyak jaringan hotel yang menawarkan paket wfh alias work from hotel selama masa pandemi virus corona. Tarif bermalamnya mulai untuk 7 hari sampai 30 hari, mulai dari di Jakarta sampai Bali.

Bekerja dari hotel sebenarnya bisa menjadi solusi bagi mereka yang punya dana lebih, ingin menikmati suasana baru, atau yang mau pelesir tapi enggan di tempat umum.

Bahkan di Jepang, ada hotel yang menawarkan paket menginap bagi pasangan suami istri yang ingin berpisah sementara selama masa pandemi Covid-19.

Tapi pahami bahwa bekerja di hotel tidak sama dengan staycation, jadi suasananya tak 100 persen liburan. Pilihlah hotel dengan fasilitas dan layanan senyaman mungkin selama memeras otak untuk pekerjaan di sana.

Berikut enam hal yang bisa dipertimbangkan sebelum bekerja di hotel:

1. Lokasi hotel

Tentukan kebutuhan utama selama bekerja dari hotel, apakah pemandangan hotel yang indah serta udara segar atau terjangkaunya jarak hotel dengan pusat belanja serta kuliner.

Jangan sampai urusan bekerja dari hotel malah menyebalkan karena lokasi tempat penginapan kurang memuaskan.

2. Taati protokol kesehatan

Sama seperti staycation pada umumnya, pilihlah hotel yang masuk dalam zona hijau bebas pandemi virus corona.

Selama beraktivitas di area hotel, tetap pakai masker, jaga jarak fisik, cuci tangan setelah menyentuh permukaan benda, dan mandi saat hendak tidur.

Taati protokol kesehatan demi kesehatan diri sendiri serta tamu dan staf hotel lainnya.

Jangan nekat mengakali peraturan meski sedang bekerja sembari liburan, karena Covid-19 masih belum ada obatnya.

3. Faktor kenyamanan

Pilihlah hotel yang menawarkan kamar dengan balkon atau kedai kopi di dalamnya. Percayalah, bahwa tidak ada yang betah hanya bekerja di dalam kamar seharian meski berpendingin udara.

Kalau bisa, pilihlah hotel dengan fasilitas kebugaran, seperti kolam renang, gym, atau area jogging, demi peregangan otot setelah seharian bekerja.

Pastikan juga jaringan Wi-Fi dan sinyal seluler di area hotel mumpuni.

4. Atur waktu

Ketahuilah bahwa kita datang ke hotel untuk bekerja, jadi tetaplah disiplin soal waktu kapan kita bisa rebahan di kasur dan kapan kita harus membuka laptop, sehingga tidak ada pekerjaan yang menumpuk dan malah membuat waktu berenang atau fitness di hotel terganggu.

5. Hari kerja

Kalau ingin lebih konsentrasi saat bekerja di hotel, datanglah pada hari kerja. Selain suasana yang lebih senyap, area hotel juga bakal lebih sepi dari keramaian yang dikhawatirkan bisa menularkan virus penyakit.

6. Jaga kesehatan

Berangkatlah saat kesehatan sedang prima, sehingga tak menularkan virus penyakit seantero hotel. Pantaulah kesehatan diri sendiri hingga menjelang pulang ke rumah. Kalau mengalami gejala sakit mirip Covid-19, langsung mampir ke dokter sepulang dari hotel.

Sumber : CNN [dot] COM