Google Menolak Undang-Undang Australia Yang Diusulkan Atas Konten Berita

0
590

Google memperingatkan bahwa informasi pribadi warga Australia bisa “berisiko” jika raksasa digital itu harus membayar untuk konten berita.

Undang-undang yang diusulkan akan mewajibkan perusahaan seperti Google dan Facebook membayar organisasi berita Australia untuk konten yang muncul di situs web mereka. Undang-undang itu dirancang bulan lalu setelah negosiasi berbulan-bulan antara pemerintah Australia dan dua raksasa teknologi itu gagal.

Dalam surat terbuka yang diposting online Senin, Melanie Silva, direktur pelaksana Google untuk Australia dan Selandia Baru, mengatakan data pribadi warga Australia dapat diserahkan ke perusahaan media besar jika undang-undang diberlakukan, yang akan membantu mereka secara otomatis menaikkan peringkat pencarian mereka.

Silva juga mengatakan undang-undang tersebut akan membuat layanan gratis seperti Google Search dan YouTube “secara dramatis lebih buruk” dan dapat menyebabkan orang Australia membayar layanan tersebut.

Rod Sims, ketua Komisi Persaingan dan Konsumen Australia, menolak klaim Google sebagai “informasi yang salah”. Dia mengatakan undang-undang yang diusulkan tidak mengharuskan Google untuk menyerahkan informasi pribadi pengguna, atau mengenakan biaya untuk layanan pencariannya.

Surat terbuka itu diterbitkan ketika regulator Australia memulai minggu terakhir pertemuan konsultasi publik dan komentar tentang undang-undang yang diusulkan.

Perusahaan media Australia telah melihat pendapatan iklan mereka semakin tersedot oleh perusahaan seperti Google dan Facebook dalam beberapa tahun terakhir.