Kanada Akan Memberlakukan Tarif Pembalasan Atas Barang-Barang AS, Berharap Ada Resolusi

0
529

Kanada akan memberlakukan tarif pembalasan pada produk aluminium AS senilai C $ 3,6 miliar ($ 2,7 miliar) setelah Amerika Serikat mengatakan akan memberlakukan tindakan hukuman pada impor aluminium Kanada, seorang pejabat senior mengatakan pada hari Jumat.

Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland mengatakan pada konferensi pers bahwa tindakan pencegahan akan diberlakukan pada 16 September untuk memungkinkan konsultasi dengan industri.

Langkah tersebut menandai kerusakan terbaru dalam hubungan yang tidak stabil antara tetangga dan sekutu dekat sejak Presiden Donald Trump menjabat pada tahun 2017.

Trump pada Kamis memberlakukan kembali tarif 10% pada beberapa produk aluminium Kanada pada 16 Agustus untuk melindungi industri AS dari “lonjakan” impor. Kanada menyangkal adanya ketidakwajaran.

“Pada saat kita sedang memerangi pandemi global … sengketa perdagangan adalah hal terakhir yang dibutuhkan siapa pun – itu hanya akan merugikan pemulihan ekonomi di kedua sisi perbatasan. Namun, inilah yang telah dipilih oleh pemerintah AS untuk dilakukan. , “kata Freeland.

“Kami tidak meningkatkan dan kami tidak mundur,” katanya kemudian, dengan beragam menggambarkan keputusan AS sebagai “sepenuhnya tidak dapat diterima,” tidak masuk akal dan menggelikan.

Daftar barang Kanada yang mungkin dikenakan tarif termasuk batang aluminium, piring, lemari es, sepeda, mesin cuci, dan tongkat golf. Trump adalah pegolf yang rajin.

“Saya pikir hasil terbaik bagi Amerika Serikat untuk mempertimbangkan kembali,” kata Freeland, menambahkan bahwa dia yakin akal sehat akan menang.

Daftar barang yang dikenai tarif lebih sempit daripada terakhir kali Ottawa menyerang balik Trump karena kedua belah pihak sepakat pada 2019 untuk membatasi ruang lingkup pembalasan dalam sengketa baja dan aluminium, kata sumber pemerintah Kanada yang meminta namanya tidak disebutkan.

Pada 2018, Ottawa memberlakukan tarif barang senilai C $ 16,6 miliar ($ 12,5 miliar) mulai dari bourbon hingga saus tomat setelah Washington memberlakukan sanksi terhadap aluminium dan baja Kanada.

Ottawa mungkin menghitung tindakannya akan berumur pendek. Sebuah sumber yang diberi penjelasan oleh kantor Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan para pejabat Kanada semakin yakin Trump akan kalah dalam pemilihan presiden 3 November.

Trump bertindak hanya beberapa minggu setelah pakta perdagangan kontinental baru antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko berlaku. Perekonomian Amerika Utara sangat terintegrasi dan Kanada mengirimkan 75% dari semua ekspor barangnya ke Amerika Serikat.