Meksiko Menangkap Pemimpin Kelompok Kekerasan

0
557

Polisi dan angkatan bersenjata Meksiko menangkap pemimpin gerombolan Santa Rosa de Lima yang kejam yang telah menteror wilayah utara-tengah negara itu.

Pihak berwenang di negara bagian Guanajuato mengumumkan penangkapan José Antonio Yépez Ortiz, yang dikenal luas dengan julukan Spanyol “El Marro,” yang berarti “The Sledgehammer.”

Geng Santa Rosa de Lima dan kartel Jalisco telah terlibat dalam pertempuran berdarah selama bertahun-tahun di pusat industri Guanajuato, rumah bagi banyak pabrik mobil asing dan pemasok suku cadang, mengubahnya menjadi negara paling keras di Meksiko.

2.293 orang telah dibunuh pada paruh pertama tahun ini sendirian di negara bagian Guanajuato.

Beberapa pengamat mengatakan geng Santa Rosa, yang bukan kartel drag tetapi kelompok kekerasan yang kuat, bertanggung jawab untuk membunuh 27 pria selama serangan pada Juli di sebuah pusat rehabilitasi narkoba di kota Irapuato.

Namun, pejabat keamanan sipil utama Meksiko, Alfonso Durazo, mengatakan El Marro akan didakwa dengan kejahatan terorganisir dan pencurian bahan bakar, tetapi bukan pembunuhan.

Geng Santa Rosa de Lima dituduh mencuri bahan bakar dari jaringan pipa dan kilang pemerintah dan merampok barang dari kereta api di negara bagian Guanajuato tengah-utara.