Microsoft berhenti memberikan dukungan terhadap IE dan Edge

0
604
Microsoft memperbaharui aplikasi penerjemah dengan menyematkan teknologi Artificial Intelligence. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)

Baru – baru ini tersebar kabar bahwa Microsoft telah berhenti memberikan dukungan keamanan terhadap Internet Explorer dan Microsoft Edge Versi lama.

Maka dari itu, jika ada peretas yang menemukan kelemahan Browser ini, Microsoft tak akan lagi mengamankan kerentanan itu. Microsoft akan menghentikan dukungan untuk Internet Explorer pada 17 Agustus 2021. Sementara dukungan untuk Edge versi lawas akan dihentikan pada 9 Maret 2021.

Dilansir dari The Verge, Microsoft telah memindahkan pengguna Windows 10 yang ada ke browser Edge berbasis Chromium yang baru.

Microsoft sejak lama telah berusaha untuk mematikan Internet Explorer. Perusahaan pertama kali meluncurkan browser Edge pada tahun 2015, dengan kode Project Spartan. Itu adalah awal dari akhir dari merek Internet Explorer.

Dilansir dari Windows Latest, usaha itu gagal karena serangkaian kesalahan strategi. Microsoft kemudian memutuskan untuk memutuskan untuk membuang EdgeHTML miliknya sendiri untuk platform open source Chromium besutan Google.

Pada Januari 2020, Microsoft secara resmi mengumumkan browser Edge berbasis Chromium baru. Microsoft juga memperkenalkan banyak fitur baru, termasuk dukungan untuk ekstensi Chrome, tema, dan tab vertikal, yang hilang di versi lama. Sejak saat itu, Microsoft Edge asli besutan Windows disebut dengan Edge versi lama (legacy).