Microsoft dan TikTok Melanjutkan Pembicaraan, Trump Memberi Pemilik Aplikasi Cina Tersebut 45 Hari Untuk Mencapai Kesepakatan Penjualan

0
427

Microsoft Corp pada hari Minggu mengatakan akan melanjutkan pembicaraan untuk mengakuisisi TikTok aplikasi video pendek populer dari raksasa internet Cina ByteDance. Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah setuju untuk memberikan ByteDance 45 hari untuk menegosiasikan penjualan, dua orang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan, Minggu.

Microsoft, yang bertujuan untuk mengakhiri pembicaraan pada 15 September, merilis pernyataan setelah percakapan antara CEO Satya Nadella dan Trump. Dikatakan akan memastikan bahwa semua data pribadi pengguna Amerika TikTok ditransfer ke dan tetap di Amerika Serikat.

“Microsoft sepenuhnya menghargai pentingnya mengatasi kekhawatiran presiden. Microsoft berkomitmen untuk mengakuisisi TikTok yang akan ditinjau keamanan lengkap dan memberikan manfaat ekonomi yang tepat bagi Amerika Serikat, termasuk Perbendaharaan Amerika Serikat,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan menambahkan tidak ada kepastian kesepakatan akan tercapai.

Negosiasi ByteDance-Microsoft akan diawasi oleh Komite Investasi Asing di Amerika Serikat, panel pemerintah A.S. yang memiliki hak untuk memblokir perjanjian apa pun, tambah kedua sumber.

ByteDance, Microsoft dan Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Minggu sebelumnya, Sekretaris Negara Mike Pompeo mengatakan kepada Fox News bahwa Trump akan segera mengambil tindakan.

“Presiden Trump telah mengatakan ‘cukup’ dan kami akan memperbaikinya sehingga ia akan mengambil tindakan dalam beberapa hari mendatang sehubungan dengan beragam risiko keamanan nasional yang disajikan oleh perangkat lunak yang terhubung dengan Partai Komunis Tiongkok,” Pompeo kata pada “Sunday Morning Futures.”

Dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan kepada ABC pada hari Minggu bahwa Komite Investasi Asing di Amerika Serikat “setuju bahwa TikTok tidak dapat tetap dalam format saat ini karena berisiko mengirim kembali informasi pada 100 juta orang Amerika.”

Selama akhir pekan beberapa senator Republik mengatakan mereka mendukung rencana ByteDance untuk mendivestasi operasi TikTok A.S.

Senator John Cornyn, seorang Republikan Texas, mengatakan di Twitter bahwa divestasi “dan pembelian oleh perusahaan AS adalah sama-sama menguntungkan.”

Senator Roger Wicker, seorang Republikan yang mengetuai Komite Perdagangan, menambahkan bahwa “langkah-langkah keamanan yang ketat harus menjadi bagian dari kesepakatan apa pun untuk melindungi data konsumen dan memastikan tidak ada akses asing.”

Senator Republik Marco Rubio mengatakan di Twitter “jika perusahaan & data dapat dibeli & diamankan oleh perusahaan A.S. tepercaya yang akan menjadi hasil yang positif & dapat diterima.”

Pada hari Sabtu, Senator Republik Lindsey Graham mengatakan “jawaban yang tepat” untuk mengatasi masalah keamanan tentang TikTok adalah “memiliki perusahaan Amerika seperti Microsoft mengambil alih TikTok. Menang-menang. Menjaga kompetisi tetap hidup dan data keluar dari tangan Komunis Tiongkok.”