Peneliti Jerman Gelar Eksperimen Konser untuk Pelajari Risiko Transmisi Virus dalam Kerumunan

0
571

Penggemar musik dan penonton konser di Jerman menikmati pertunjukan akhir pekan lalu.

Ilmuwan di negara Eropa itu mengadakan tiga konser pop dalam satu hari untuk menganalisis risiko yang ditimbulkan oleh acara yang dihadiri banyak orang di suatu ruangan selama pandemi.

Sekitar 1.500 relawan sehat berusia antara 18 dan 50 tahun – hanya sepertiga dari jumlah yang diharapkan – ambil bagian.

Namun, kepala studi, yang dilakukan di Leipzig oleh Universitas Halle, mengatakan dia “sangat puas” dengan bagaimana penelitian itu berjalan.

Penyanyi dan penulis lagu populer Tim Bendzko setuju untuk tampil di tiga pertunjukan berturut-turut.

Studi itu dilakukan ketika Jerman mencatat jumlah infeksi Covid-19 tertinggi sejak akhir April.

Lebih dari 2.000 kasus tercatat dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah total kasus menjadi 232.082, seperti dilaporkan Robert Koch Institute .

Eksperimen dalam kerumunan

Studi konser, yang disebut Restart-19, dilakukan “untuk menyelidiki kondisi yang memungkinkan acara seperti itu dilakukan meskipun ada pandemi”, kata para peneliti.

Masing-masing dari tiga konser hari Sabtu lalu itu diselenggarakan di tengah kondisi yang berbeda.

Pertunjukan pertama bertujuan untuk mensimulasikan sebuah acara sebelum pandemi, tanpa adanya tindakan pengamanan.

Yang kedua melibatkan jarak sosial dan layanan kebersihan yang lebih baik, sementara yang ketiga melibatkan separuh jumlah peserta dengan masing-masing orang berdiri terpisah 1,5m.

Semua peserta menjalani tes Covid-19 sebelum mengambil bagian, dan diberi masker wajah dan alat pelacak untuk mengukur jarak mereka.

Para peneliti juga menggunakan disinfektan fluoresen untuk melacak permukaan mana yang paling banyak disentuh oleh peserta penelitian.

“Pengumpulan data berjalan dengan sangat baik, jadi kami memiliki data berkualitas baik, suasananya baik dan kami sangat puas dengan kedisplinan dalam memakai masker dan menggunakan disinfektan,” kata ketua peneliti Dr Stefan Moritz.

Kembali ke atas panggung

Penyanyi Tim Bendzko, sementara itu, mengatakan acara tersebut melebihi ekspektasinya.

“Kami sangat menikmatinya. Awalnya saya kira keadaannya sangat steril karena pemakaian masker, tapi ternyata suasananya nyaman,” ujarnya.

“Saya berharap hasil ini akan membantu kami mengadakan konser nyata di depan penonton dalam waktu dekat.”

Hasil awal studi itu diharapkan selesai pada musim gugur mendatang.

Proyek ini menerima 990.000 euro (Rp 17 milyar) dari negara bagian Saxony-Anhalt dan Saxony di Jerman, dengan tujuan membantu membuka jalan untuk dimulainya kembali acara olah raga dalam ruangan dan acara musik dengan memastikan tingkat risiko yang realistis.

“Pandemi corona melumpuhkan industri acara,” kata Menteri Ekonomi dan Sains Saxony-Anhalt, Prof Armin Willingmann, sebelum acara tersebut.

“Selama ada risiko infeksi, konser besar, pameran dagang, dan acara olahraga tidak dapat dilakukan. Inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui kondisi teknis apa yang dapat secara efektif meminimalkan risiko.”