Pengadilan Venezuela Memenjarakan 2 Mantan Tentara AS selama 20 Tahun Setelah Serangan yang Gagal

0
573

Pengadilan Venezuela menghukum dua mantan tentara AS dengan 20 tahun penjara karena peran mereka dalam serangan yang gagal yang bertujuan menggulingkan Presiden Nicolas Maduro pada awal Mei, kepala jaksa penuntut Tarek Saab mengatakan pada Jumat malam.

Mantan Baret Hijau Luke Denman, 34, dan Airan Berry, 41, mengaku ikut serta dalam operasi 4 Mei tersebut, tulis Saab di akun Twitter-nya.

“Katanya tuan-tuan MENGAKUI telah melakukan kejahatan,” tulisnya, menambahkan bahwa persidangan sedang berlangsung untuk lusinan orang lain yang ditangkap.

Denman dan Berry didakwa melakukan konspirasi, terorisme, dan perdagangan senjata ilegal, tulis Saab.

Alfonso Medina, pengacara keduanya, mengatakan tim hukum mereka tidak diizinkan masuk ke ruang sidang. Kedua pria itu tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Serangan laut yang diluncurkan dari Kolombia, yang dikenal sebagai Operasi Gideon, menewaskan sedikitnya delapan orang.

Pemerintah Maduro mengatakan telah menangkap sekelompok konspirator termasuk Denman dan Berry di dekat kota pesisir Chuao yang terisolasi.

Veteran pasukan khusus AS Jordan Goudreau, yang menjalankan Silvercorp USA, sebuah perusahaan keamanan swasta yang berbasis di Florida, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Denman muncul dalam video di TV negara Venezuela beberapa hari setelah penangkapan mereka, mengatakan bahwa mereka telah dikontrak oleh Silvercorp USA untuk melatih 50 hingga 60 warga Venezuela di Kolombia, menguasai bandara Caracas dan membawa pesawat untuk menerbangkan Maduro ke Amerika Serikat.

Kantor pemimpin oposisi Juan Guaido mengatakan Guaido telah mengetahui tentang operasi tersebut sejak Oktober, tetapi tidak membiayai atau memerintahkannya.

Maduro, yang menggambarkan Guaido sebagai boneka Washington, mengatakan bahwa pemerintah Presiden Donald Trump mendukung Operasi tersebut.

Pemerintahan Trump membantah terlibat langsung. Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan pemerintah AS akan menggunakan “setiap alat” untuk mengamankan kembalinya warga AS.