Penjelajah NASA Dalam Perjalanan ke Mars Untuk Mencari Tanda-Tanda Kehidupan

0
491

AS telah meluncurkan penjelajah Mars generasi berikutnya untuk mencari tanda-tanda kehidupan potensial di planet merah.

Penjelajah NASA terbaru, Perseverance, diluncurkan pada pukul 11:50 GMT Kamis dari Cape Canaveral di negara bagian tenggara Florida.

Penjelajah robot didorong ke luar angkasa oleh roket Atlas 5 yang dioperasikan oleh United Launch Alliance, sebuah perusahaan patungan antara perusahaan dirgantara swasta Boeing dan Lockheed.

Bajak dijadwalkan untuk mendarat di Mars pada bulan Februari di dasar kawah 250 meter yang merupakan danau sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Para ilmuwan percaya situs itu bisa menyimpan bukti kemungkinan kehidupan mikroba masa lalu.

Para ilmuwan telah berdebat selama beberapa dekade apakah pernah ada kehidupan di Mars, yang lebih ramah terhadap kehidupan miliaran tahun lalu.

Pendaratan Ketekunan di planet terkecil kedua di tata surya ini akan melibatkan serangkaian manuver kompleks yang oleh para insinyur NASA disebut “tujuh menit teror.”

Selama periode itu, rover turun melalui atmosfer dalam kondisi yang sangat panas dan berkecepatan tinggi dan menyebarkan seperangkat parasut supersonik sebelum roket mini menyala, memungkinkan pendaratan yang lembut.

Ketekunan seukuran mobil juga akan menggunakan helikopter mini bernama Ingenuity dan alat uji untuk misi manusia masa depan ke planet ini.

Peluncuran hari Kamis dari Bumi ke Mars adalah yang ketiga di bulan Juli. China dan Uni Emirat Arab meluncurkan penyelidikan awal bulan ini.

Ketekunan adalah pendarat terbaru AS yang menuju ke Mars. Sojourner NASA mendarat pada tahun 1997 dan Spirit and Opportunity telah menemukan tanda-tanda formasi air purba. NASA juga mendaratkan Pathfinder, Phoenix, dan InSight di planet tetangga tetangga.

AS berencana mengirim astronot ke Mars sekitar tahun 2030-an. Untuk membantu membuka jalan, Ketekunan akan mencoba mengubah elemen atmosfer Mars yang kaya karbon dioksida untuk menghasilkan oksigen bagi astronot masa depan atau menghasilkan bahan bakar untuk roket yang dapat diluncurkan dari permukaan Mars.