Trump Ingin Mahkamah Agung Setuju untuk Memblokir Kritik di Twitter Pribadinya

0
535

Presiden Donald Trump meminta Mahkamah Agung untuk mengizinkannya memblokir kritik dari akun Twitter pribadinya.

Pemerintah mengatakan dalam pengajuan pengadilan tinggi pada hari Kamis bahwa akun @realdonaldtrump Trump dengan lebih dari 85 juta pengikut adalah milik pribadinya dan memblokir orang-orang darinya mirip dengan pejabat terpilih yang menolak untuk mengizinkan tanda halaman lawan mereka di halaman depan mereka.

“Kemampuan Presiden Trump untuk menggunakan fitur-fitur akun Twitter pribadinya, termasuk fungsi pemblokiran, tidak tergantung pada kantor kepresidenannya,” tulis penjabat Jaksa Agung Jeffrey Wall dalam mendesak para hakim untuk meninjau kasus tersebut.

Pengadilan banding federal di New York memutuskan tahun lalu bahwa Trump menggunakan akun tersebut untuk membuat pernyataan dan pengamatan harian yang bersifat sangat resmi. Dinyatakan bahwa Trump melanggar Amandemen Pertama setiap kali dia memblokir seorang kritikus untuk membungkam sudut pandang.

Keputusan tentang apakah akan mendengarkan kasus ini tidak mungkin dilakukan sebelum pemilihan November.

Kasus ini muncul dari tantangan yang diajukan oleh Knight First Amendment Institute di Columbia University, yang menuntut tujuh orang atas nama yang diblokir oleh Trump setelah mengkritik kebijakannya.

Jameel Jaffer, direktur eksekutif Knight Institute, mengatakan para hakim harus menolak untuk menerima banding Trump.

“Kasus ini berdiri untuk prinsip yang fundamental bagi demokrasi kita dan pada dasarnya identik dengan Amandemen Pertama: pejabat pemerintah tidak dapat mengecualikan orang dari forum publik hanya karena mereka tidak setuju dengan pandangan politik mereka,” kata Jaffer dalam sebuah pernyataan.

Dalam bandingnya, pemerintah berpendapat bahwa Mahkamah Agung, bukan pengadilan yang lebih rendah, “yang harus memutuskan di mana harus menarik garis antara keputusan pribadi Presiden dan perilaku resmi.”

Laju kasus diperlambat oleh pandemi virus korona serta keputusan Trump untuk meminta Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-2 untuk meninjau kembali putusan oleh panel tiga hakim. Pengadilan menolak melakukannya dengan pemungutan suara 7-2 pada Maret. Dua orang yang ditunjuk Trump, Hakim Michael H. Park dan Richard J. Sullivan, adalah satu-satunya anggota pengadilan yang mendukung presiden.

Mahkamah Agung memperpanjang batas waktunya untuk mengajukan banding dari 90 hari menjadi 150 hari ketika menutup gedung untuk umum dan mengabaikan pertemuan tatap muka demi konferensi telepon karena wabah virus.