Trump Memberikan Microsoft 45 Hari Untuk Menyegel Kesepakatan TikTok

0
548

AppTikTok media sosial milik Cina “akan gulung tikar di Amerika Serikat” pada 15 September, kecuali Microsoft atau perusahaan Amerika lain membuat kesepakatan pembelian yang memuaskan pemerintah AS, kata Presiden Donald Trump, Senin.

Presiden juga mendesak Departemen Keuangan AS untuk mendapatkan potongan harga jual karena memungkinkan perusahaan beroperasi di A.S.

“Amerika Serikat harus mendapatkan persentase yang sangat besar dari harga itu,” kata Trump pada konferensi pers sore. “Itu akan datang dari penjualan – berapa pun angkanya.”

Tidak jelas di bawah otoritas apa pemerintah dapat menuntut pembayaran semacam itu.

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft mengonfirmasi bahwa petugas eksekutifnya, Satya Nadella, telah berbicara kepada Trump dan berkomitmen untuk mengakuisisi perusahaan pada batas waktu yang ditentukan.

“Microsoft akan bergerak cepat untuk melakukan diskusi dengan perusahaan tuaTikTok, ByteDance, dalam beberapa minggu, dan dalam setiap peristiwa menyelesaikan diskusi ini selambat-lambatnya pada 15 September 2020. Selama proses ini, Microsoft berharap untuk melanjutkan dialog dengan Amerika Serikat. pemerintah, termasuk dengan presiden, “pernyataan itu berbunyi.

“Harga itu penting, serta pembatasan apa pun yang datang dari sudut pandang pemerintah, tapi saya pikir ini merupakan jalan yang mengasyikkan bagi Microsoft untuk benar-benar meningkatkan basis konsumennya,” kata pemegang saham individu terbesar perusahaan itu, mantan CEO Steve Ballmer, kepada CNBC Senin pagi. .

Trump menyarankan akan “lebih mudah untuk membeli semuanya daripada membeli sebagian” dariTikTok.

“Bagaimana kabarmu 30%? Siapa yang akan mendapatkan namanya? Namanya panas. Mereknya, panas. Dan siapa yang akan mendapatkan namanya? Bagaimana Anda melakukannya jika dimiliki oleh dua perusahaan yang berbeda? ” Trump berkata di Gedung Putih.

Videoapp TheChinese sangat populer secara global. Ini telah diunduh 2 miliar kali, termasuk 160 juta kali di Amerika Serikat.

TikTokfeatures tidak hanya video hiburan tetapi juga debat, dan mengambil posisi pada isu-isu politik, seperti keadilan rasial dan pemilihan presiden AS mendatang.

Trump mengatakan pada minggu terakhir bahwa ia akan mencekal karena alasan keamanan. India sudah mengambil tindakan seperti itu.

Pejabat di Washington telah berulang kali menyatakan keprihatinannya bahwa TIKTokay dapat menimbulkan ancaman keamanan, khawatir perusahaan mungkin akan berbagi data pengguna dengan pemerintah China.

ByteDance telah mengatakan tidak membagikan data pengguna dengan pemerintah China dan menyimpannya menyimpan data pengguna Amerika hanya di Amerika Serikat dan Singapura.

TikTokrecently memilih mantan eksekutif Disney Kevin Mayer sebagai chief executive dalam sebuah langkah yang dilihat sebagai upaya untuk menjauhkan diri dari Beijing.

“TikTok akan berada di sini selama bertahun-tahun mendatang,” kata juru bicara perusahaan Hilary McQuaide dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin.

Komite Pemerintah AS tentang Penanaman Modal Asing di Amerika Serikat (CFIUS), sebuah kelompok antar badan yang dipimpin oleh Departemen Keuangan, membuka tinjauan keamanan nasional tahunTokTast.

Tugas CFIUS adalah untuk mengawasi investasi asing dan menilai mereka untuk risiko keamanan nasional yang potensial. Ini dapat memaksa perusahaan untuk membatalkan kesepakatan atau melembagakan langkah-langkah lain yang dianggap perlu untuk keamanan nasional.