Twitter Menyatakan Minatnya Untuk Membeli TikTok di AS

0
483

Twitter Inc telah mendekati pemilik TikTok di Cina, ByteDance, untuk menyatakan minatnya untuk memperoleh operasi AS dari aplikasi berbagi video, dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters, ketika para ahli meragukan kemampuan Twitter untuk mengumpulkan pembiayaan untuk kesepakatan potensial.

Masih jauh dari kepastian bahwa Twitter akan mampu mengalahkan Microsoft Corp dan menyelesaikan kesepakatan transformatif dalam 45 hari yang diberikan Presiden AS Donald Trump kepada ByteDance untuk menyetujui penjualan, kata sumber tersebut pada hari Sabtu.

Berita tentang Twitter dan TikTok sedang dalam pembicaraan awal dan Microsoft masih dipandang sebagai pelopor dalam penawaran untuk operasi aplikasi A.S. telah dilaporkan sebelumnya oleh The Wall Street Journal.

Twitter memiliki kapitalisasi pasar mendekati $ 30 miliar, hampir sama dengan penilaian aset TikTok yang akan didivestasi, dan perlu mengumpulkan modal tambahan untuk mendanai kesepakatan tersebut, menurut sumber tersebut.

“Twitter akan kesulitan mengumpulkan cukup dana untuk memperoleh bahkan operasi TikTok di AS. Twitter tidak memiliki kapasitas pinjaman yang cukup,” kata Erik Gordon, seorang profesor di Universitas Michigan.

“Jika (Twitter) mencoba mengumpulkan grup investor, persyaratannya akan sulit. Pemegang saham Twitter sendiri mungkin lebih suka manajemen fokus pada bisnis yang ada,” tambahnya.

Salah satu pemegang saham Twitter, firma ekuitas swasta Silver Lake, tertarik untuk membantu mendanai kesepakatan potensial, salah satu sumber menambahkan.

Twitter juga secara pribadi membuat kasus bahwa penawarannya akan menghadapi pengawasan regulasi yang lebih sedikit daripada Microsoft, dan tidak akan menghadapi tekanan dari China mengingat tidak aktif di negara itu, kata sumber itu.

TikTok, ByteDance dan Twitter menolak berkomentar.

TikTok mendapat kecaman dari anggota parlemen AS atas masalah keamanan nasional seputar pengumpulan data.

Awal pekan ini, Trump mengumumkan larangan transaksi AS dengan pemilik aplikasi perpesanan WeChat dan TikTok yang berbasis di China, meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Trump mengatakan minggu ini dia akan mendukung upaya Microsoft untuk membeli operasi TikTok di AS jika pemerintah AS mendapat “porsi besar” dari hasil penjualan. Dia tetap mengatakan akan melarang aplikasi populer tersebut pada 15 September.

Microsoft mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya bertujuan untuk menyelesaikan negosiasi untuk kesepakatan pada pertengahan September.