UE akan Menginvestigasi Kesepakatan Fitbit yang Diusulkan Google

0
480

Regulator antitrust Uni Eropa mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan meluncurkan penyelidikan ke dalam rencana Google untuk membeli Fitbit.

Google, raksasa teknologi A.S. milik Alphabet, berharap untuk masuk ke pasar teknologi yang dapat dikenakan, dan berharap untuk membeli Fitbit seharga $ 2,1 miliar. Fitbit membuat perangkat kebugaran seperti jam tangan yang dapat dipakai. Berbagai kelompok yang mengadvokasi privasi dan hak konsumen ingin memblokir kesepakatan itu karena masalah antimonopoli dan privasi.

Uni Eropa dan banyak kelompok lain mengatakan mereka khawatir kesepakatan itu akan meningkatkan jumlah data yang dapat diakses Google, sehingga semakin sulit bagi perusahaan lain untuk bersaing secara efektif dalam ruang iklan online.

Komisi eksekutif UE menyatakan “transaksi yang diusulkan akan semakin memperkuat posisi pasar Google di pasar periklanan online dengan meningkatkan jumlah data yang sudah sangat besar yang dapat digunakan Google untuk mempersonalisasi iklan yang ditayangkan dan ditampilkan.”

Komisioner kompetisi Uni Eropa Margrethe Vestager menambahkan bahwa “penyelidikan bertujuan untuk memastikan bahwa kontrol oleh Google atas data yang dikumpulkan melalui perangkat yang dapat dipakai sebagai hasil dari transaksi tidak mendistorsi persaingan.”

Wakil presiden senior Google untuk perangkat dan layanan, Rick Osterloh, membalas bahwa “kesepakatan ini adalah tentang perangkat, bukan data,” dan dia menambahkan bahwa “kami sudah jelas dari awal bahwa kami tidak akan menggunakan data kesehatan dan kebugaran Fitbit untuk Google iklan.”

Penegak anti-trust Uni Eropa mengatakan janji ini saja tidak memadai.

Fitbit adalah salah satu perusahaan pertama yang memasarkan perangkat kebugaran yang dapat dipakai, yang digunakan untuk memantau aktivitas fisik, detak jantung, pola tidur, dan berbagai faktor lainnya. Fitbit memiliki lebih dari 28 juta pengguna aktif, dan lebih dari 100 juta perangkat telah terjual.