Mengenal Teknologi Kamera Bawah Layar Ponsel Pertama di Dunia

0
763

Produsen smartphone ZTE berencana untuk meluncurkan ponsel AXON A20 5G yang merupakan ponsel pertama di dunia dengan teknologi kamera bawah layar (under-display camera).

Teknologi terbaru itu memperkecil ruang untuk menempatkan kamera selfie, otomatis bentang layar juga akan terasa semakin luas. Kamera bawah layar di ponsel anyar ZTE itu hanya menempati 2/1000 atau 0,2 persen dari keseluruhan layar.

Teknologi under-display camera akan meramaikan berbagai desain kamera selfie terkini seperti kamera selfie menyembul (pop-up), kamera selfie bergeser (slide), kamera selfie terbalik (flip), hingga desain hole punch. Seluruh desain ini memiliki tujuan untuk memperluas bentang layar agar tak terganggu kamera selfie.

Dilansir dari MyFixGuide, AXON A20 5G akan dibekali dengan kamera 32 MP. Kamera ini bisa ditempatkan di bawah layar karena menggunakan bahan transparansi tinggi yang mencakup film organik dan anorganik terkini.

Selain ZTE, produsen smartphone besar seperti Xiaomi, Oppo Huawei dan Samsung juga berencana untuk membuat ponsel dengan desain kamera selfie di bawah layar.

Xiaomi bahkan mengatakan akan memproduksi ponsel dengan desain kamera itu pada 2021. Xiaomi dan Oppo sama-sama memperkenalkan teknologi tersebut pada Juni tahun lalu, dan Oppo memamerkan prototipe yang berfungsi bulan itu di acara Mobile World Congress (MWC).

Dilansir dari Sammobile, Samsung diprediksi juga akan meluncurkan kamera di bawah layar di seri penerus Galaxy S20. Galaxy S21 bisa menjadi smartphone pertama Samsung dengan kamera di bawah layar.

Perusahaan dikabarkan sedang memeriksa kelayakan fitur tersebut untuk smartphone seri Galaxy S generasi mendatang. Jika semuanya berjalan dengan baik maka layar tak akan lagi memiliki bezel, poni atau lubang kamera selfie.

Cukup sulit untuk menerapkan kamera di bawah layar,hambatan terbesar adalah pencahayaan yang tidak memadai sehingga sangat memengaruhi kualitas kamera.

Area layar, yang menyembunyikan kamera, harus memiliki piksel yang cukup untuk menunjukkan warna, tetapi juga menyebabkan celah di antara piksel agar cahaya yang cukup bisa masuk ke sensor.

Masalah lain terletak pada menyembunyikan jumlah piksel yang lebih rendah di area layar di bawah tempat sensor kamera ditempatkan.

Dilansir dari Android Authority, desain ponsel teranyar Huawei yang memiliki desain kamera di bawah layar bocor ke media sosial.

Yang menarik adalah ponsel ini benar-benar didesain tanpa bingkai, dengan tepi yang melengkung hingga ke bagian belakang ponsel. Terlihat tidak ada lubang atau garis potongan untuk desain pop out.

Sumber : CNN [dot] COM