Amazon Siapkan Terobosan Teknologi Baru, Amazon Sidewalk

0
25

Salah satu raksasa teknologi dunia, Amazon, seakan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat temuan baru. Kini, perusahaan tersebut tengah mengembangkan dan bersiap untuk meluncurkan sistem networking miliknya yang diberi nama Amazon Sidewalk.

Sidewalk akan terhubung dengan perangkat smart home dan produk Amazon lainnya dengan menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE), dengan jarak hubung yang lebih luas daripada jaringan Wi-Fi biasa.

Sidewalk dirancang untuk beroperasi dalam jangkauan daerah sekitarnya dengan memanfaatkan perangkat disekitarnya sebagai jembatan jaringan, menyambungkan pembaruan keamanan dan perintah dari hub Wifi pusat.

Selain menyambungkan software, sinyal-sinyal yang terhubung dengan Sidewalk bisa mengukur jarak suatu perangkat berdasarkan kontak dengan perangkat lain yang terhubung dengan Sidewalk sehingga bisa digunakan sebagai GPS.

Sistem ini akan terpasang pada Echo dan Tile bergabung dalam proyek ini sebagai platform pihak ketiga pertama yang mendukung Sidewalk. Amazon berencana menambahkan Ring pada jaringan miliknya tersebut nanti.

Sidewalk mirip dengan jaringan mesh. Dengan menambahkan lebih banyak perangkat, jarak dan fungsionalitas Sidewalk akan semakin bertambah. Amazon bertanggung jawab untuk mengintegrasikan Sidewalk dengan lebih banyak perangkat smart home agar jaringannya lebih kuat.

Amazon sudah memperkenalkan Sidewalk sejak tahun lalu, namun baru membeberkan detailnya pada hari Senin lalu. Amazon menjelaskan Sidewalk bertujuan untuk menyederhanakan pengaturan perangkat, meningkatkan jarak fungsi perangkat yang terbatas, serta membantu perangkat untuk tetap menyala dan up-to-date meskipun berada di luar jangkauan wifi rumah.

Fungsi pelacakan lokasi milik Amazon ini merupakan salah satu kesuksesannya, membedakannya dari sistem mesh konvensional seperti yang ditawarkan Google dan Eero. Dalam demonstrasi yang dilakukan Amazon dengan menempelkan perangkat Ring Fetch yang dipasang pada kalung hewan peliharaan, pengguna akan mendapat peringatan jika peliharaan berjalan terlalu jauh.

Dengan fitur keamanannya, Amazon juga menjanjikan akan menghalangi pengguna yang tidak memiliki hak akses untuk mengumpulkan data. Sinyal yang dipancarkan juga secara otomatis akan ‘membungkus’ dirinya agar tidak mengumpulkan data-data lain dari luar dalam perjalanannya.

Tak hanya itu, Amazon juga berencana untuk menggunakan Sidewalk untuk mendeteksi jumlah suplai kantong darah antara pusat distribusi dengan wadah donasi dan sudah mulai bekerja sama dengan American Red Cross.