Berikut daftar aplikasi yang terinfeksi virus di Google Playstore

0
671
ilustrasi. (Foto: Screenshot via Youtube/googledoodles)

Perusahaan cybersecurity Pradeo menemukan enam aplikasi di Google Play Store yang terinveksi virus jahat malware Joker, yang bisa mencuri uang penggunanya.

Enam aplikasi ini adalah Convenient Scanner 2, Safety AppLock, Push Message-Texting & SMS, Emoji Wallpaper, Separate Doc Scanner and Fingertip GameBox. Aplikasi ini telah didownload lebih dari 200.000 kali.

“Aplikasi yang terinfeksi virus malware sudah dihapus dari Google Play, tetapi masih terinstall di perangkat android pengguna,” ujar Pradeo seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (4/9/2020).

Virus jahat Joker merupakan bot berbahaya yang masuk dalam kategori fleeceware di mana aktivitas utamanya menstimulus klik dan mencegat SMS guna memasukkan layanan premium yang tak diketahui penggunanya.

Joker sangat sulit dideteksi karena menggunakan kode sedikit mungkin. Tahun lalu Joker ditemukan pada ratusan aplikasi yang sudah dihapus Google pula.

“Pengguna disarankan menghapus 6 aplikasi ini dari perangkat mereka secepatnya untuk menghindari aktivitas penipuan,” anjur Pradeo.

Google cukup aktif menghapus aplikasi yang mengandung virus jahat Joker. Sejak 2017 sudah ada 1.700 aplikasi yang dihapus dari Play Store karena terinfeksi virus ini.