Jutaan Anak di Pakistan Kembali ke Sekolah Pasca Krisis Virus

0
553

Jutaan anak di Pakistan kembali belajar di sekolah dan universitas pada Selasa setelah penutupan selama enam bulan karena pandemi virus corona.

Kepulangan terbesar ke sekolah di dunia terjadi karena infeksi harian dan kematian akibat wabah di negara berpenduduk 220 juta itu terus menurun. Pejabat melaporkan sekitar 400 kasus baru dan enam kematian dalam 24 jam terakhir.

Pemerintah Perdana Menteri Imran Khan telah menutup lebih dari 300.000 institusi pendidikan pada pertengahan Maret sebagai bagian dari penguncian nasional untuk menahan penyebaran virus yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Pihak berwenang sejak itu secara bertahap mencabut semua pembatasan pada bisnis di seluruh Pakistan dan membuka tempat umum, termasuk pusat kebugaran, tujuan wisata, dan restoran, tetapi sekolah tetap tutup.

Pembatasan tersebut membatasi lebih dari 50 juta orang Pakistan yang bersekolah dan masuk universitas ke rumah mereka di negara Asia Selatan di mana para pejabat memperkirakan hampir 23 juta anak sudah tidak memiliki akses ke pendidikan.

“Mari kita sambut anak-anak dan siswa kita pada hari pertama pembukaan institusi pendidikan,” tulis Faisal Sultan, asisten khusus perdana menteri layanan kesehatan nasional di Twitter.

“Tolong jangan lupa langkah-langkah perlindungan dasar. Masker, pengurangan kepadatan di kelas, kebersihan tangan. Orang tua, pengurus sekolah, guru, murid – semuanya, ”Sultan mengingatkan.

Pejabat telah mencatat lebih dari 302.000 kasus, termasuk hampir 6.400 kematian, sementara 96% pasien telah pulih.

Tindakan penanggulangan dan pasokan bantuan darurat Pakistan untuk jutaan keluarga yang dilanda kemiskinan yang terkena dampak langsung dengan memastikan penguncian ekonomi telah dipuji secara luas.

Sebuah laporan Bank Pembangunan Asia yang dirilis Selasa memuji Pakistan karena mencapai “keberhasilan penting dalam mengatasi tantangan kesehatan dan ekonomi ganda” yang disebabkan oleh infeksi tersebut.

Mobilisasi cepat pemerintah atas paket bantuan senilai $ 7 miliar yang terdiri dari dukungan keuangan darurat bagi penerima upah harian, bantuan tunai kepada keluarga berpenghasilan rendah, pengadaan gandum yang dipercepat, dukungan untuk kesehatan dan persediaan makanan dan dukungan keuangan untuk usaha kecil dan media membantu melindungi orang miskin dan paling rentan selama pandemi, kata laporan itu.

“Karena kurva mendatar dan aktivitas bisnis berlanjut, ekonomi menunjukkan tanda-tanda ketahanan dan pemulihan,” kata direktur negara ADB Xiaohong Yang.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu memasukkan Pakistan di antara tujuh negara yang dia katakan dunia dapat belajar dari tentang bagaimana memerangi pandemi di masa depan.

“Pakistan mengerahkan infrastruktur yang dibangun selama bertahun-tahun untuk polio guna memerangi COVID-19. Petugas kesehatan komunitas yang telah dilatih untuk pergi dari pintu ke pintu memvaksinasi anak-anak untuk polio telah dimanfaatkan untuk pengawasan, pelacakan kontak dan perawatan, ”kata Tedros Adhanom Ghebreyesus.