Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Mengapresiasi Universitas Gunadarma Yang Telah Berhasil Menciptakan Alat Ventilator Menggunakan Sistem Knockdown

0
578

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kerjasama tim dari tiga fakultas di Universitas Gunadarma (Fakultas Teknik Industri, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Komputer) yang telah berhasil menciptakan alat ventilator menggunakan sistem knockdown dengan harga terjangkau serta menggunakan material yang hampir semuanya berasal dari dalam negeri. Dengan spesifikasi tersebut, ventilator dapat diproduksi secara cepat dengan biaya efisien.


“Tim yang sama juga telah berhasil mengembangkan pelengkap alat pelindung diri (APD) berupa perangkat masker yang dimodifikasi agar dapat disesuaikan dengan ritme pernafasan penggunanya dan aman dari virus serta bakteri, yang dinamai PAPR (Powered Air Purifying Respirator). Berbagai inovasi tersebut adalah wujud aktualisasi peran vital perguruan tinggi bagi masyarakat yang telah diimplementasikan dengan baik oleh Universitas Gunadarma. Jika setiap kampus berperan secara optimal dalam upaya penanggulangan pandemi, maka penanganan pandemi Covid-19 akan dapat dilakukan dengan lebih efektif,” ujar Bamsoet saat mengisi kuliah umum dalam rangka menyambut mahasiswa baru Universitas Gunadarma, secara virtual dari Ruang kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Kamis (17/9/20).