AS Memberi Sanksi kepada 2 Orang Rusia dalam Skema Pencurian Crypto

0
479

Pemerintah AS mengumumkan sanksi pada hari Rabu terhadap dua warga Rusia atas peran mereka dalam pencurian cryptocurrency senilai setidaknya $ 16,8 juta.

Dalam skema phishing yang dilakukan pada 2017 dan 2018, Danil Potekhin dan Dmitrii Karasavidi diduga membuat situs web yang tampak seperti situs pertukaran mata uang yang sah. Korban memasukkan informasi mereka, yang kemudian digunakan untuk mengakses akun nyata.

Keduanya, yang diidentifikasi oleh Departemen Keuangan dan Departemen Keamanan Dalam Negeri, kemudian diduga mencuci cryptocurrency yang dicuri melalui beberapa pertukaran mata uang virtual menggunakan profil palsu.

“Orang-orang yang menjalankan skema ini menipu warga Amerika, bisnis dan lainnya dengan menipu mereka dan mencuri mata uang virtual dari rekening mereka,” kata Menteri Keuangan Steve Mnuchin dalam sebuah pernyataan. “Departemen Keuangan akan terus menggunakan otoritas kami untuk menargetkan penjahat dunia maya dan tetap berkomitmen untuk penggunaan yang aman dan terjamin dari teknologi yang muncul di sektor keuangan.”

Menurut pernyataan itu, pemerintah menyita jutaan dolar dalam mata uang virtual dan dolar AS di rekening milik Karasavidi.