Penyelidik PBB Menuduh Pemerintah Venezuela Melakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

0
769

Penyelidik PBB hari Rabu menuduh bahwa pemerintah Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan yang mencakup pembunuhan, penyiksaan, dan kekejaman lainnya.

Penyelidik independen yang ditugaskan oleh Dewan Hak Asasi Manusia, badan hak asasi manusia tertinggi PBB, mengatakan dalam sebuah laporan bahwa ada “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa Maduro dan menteri pertahanan dan dalam negerinya mengetahui kejahatan yang dilakukan oleh pasukan keamanan dan intelijen pemerintah. agensi.

Dalam upaya untuk membungkam oposisi, kata laporan itu, mereka melakukan kejahatan yang mencakup eksekusi di luar hukum, penghilangan paksa, penahanan sewenang-wenang dan penyiksaan. Laporan itu juga mengatakan pejabat senior Venezuela memiliki kendali atas pasukan keamanan dan badan intelijen, membuat para pejabat tersebut bertanggung jawab.

Pemerintah sosialis Maduro tidak segera menanggapi tuduhan dalam laporan tersebut, yang didasarkan pada 3.000 kasus dan lebih dari 270 wawancara dengan korban, saksi, mantan pejabat, dokumen rahasia, dan pengacara.

“Jauh dari tindakan terisolasi, kejahatan ini dikoordinasikan dan dilakukan sesuai dengan kebijakan negara, dengan pengetahuan atau dukungan langsung dari para komandan dan pejabat senior pemerintah,” kata ketua panel Marta Valinas dalam sebuah pernyataan.

Laporan tersebut kemungkinan akan menghasilkan peningkatan pengawasan global terhadap pemerintahan Maduro, yang memerintah negara yang dilanda hiperinflasi, tindakan keras pemerintah yang kejam, dan migrasi jutaan warga yang telah melarikan diri ke negara-negara terdekat untuk menghindari kekacauan yang telah berlangsung sejak dia. mulai menjabat pada 2013.

Pemerintah Maduro telah menghadapi tekanan yang meningkat dari Amerika Serikat dan puluhan negara lain yang mengakui politisi Juan Guaido sebagai presiden yang sah.

Maduro mengatakan ini adalah bagian dari rencana untuk menggulingkannya sehingga AS dapat mengeksploitasi cadangan minyak Venezuela yang sangat besar.

Misi pencari fakta PBB, yang dibentuk oleh Dewan Hak Asasi Manusia untuk menyelidiki dugaan kejahatan sejak 2014, tidak diberi akses ke Venezuela. Penulis laporan itu mengatakan pemerintah Maduro tidak menanggapi pertanyaan.

Pasal 7 dari perjanjian PBB yang menetapkan Pengadilan Kriminal Internasional mendefinisikan kejahatan terhadap kemanusiaan sebagai tindakan yang merupakan bagian dari “serangan luas atau sistematis yang ditujukan terhadap penduduk sipil mana pun.”