Pompeo: Yakin Akan Ada Pesaing Efektif untuk Huawei dari Vendor Barat

0
485

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Selasa bahwa dia yakin akan ada pesaing 5G yang efektif untuk Huawei China dari vendor Barat dengan biaya yang sebanding, menambahkan bahwa dia yakin teknologi Barat akan mendominasi telekomunikasi.

“Saya yakin bahwa akan ada kiriman yang hemat biaya dari vendor tepercaya Barat yang dapat memberikan layanan yang sama, atau layanan yang lebih baik, dengan biaya komparatif,” kata Pompeo selama acara Dewan Atlantik.

Dalam apa yang dibandingkan beberapa pengamat dengan perlombaan senjata Perang Dingin, Amerika Serikat khawatir dominasi 5G akan memberi China keuntungan yang tidak siap diterima oleh Washington.

Dengan hubungan AS-China yang paling buruk dalam beberapa dekade, Washington telah mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk menekan Huawei Technologies Co, dengan alasan bahwa perusahaan tersebut akan menyerahkan data kepada pemerintah China untuk dimata-matai.

Huawei, yang didirikan pada 1987 oleh seorang mantan insinyur di Tentara Pembebasan Rakyat China, membantahnya memata-matai Beijing dan mengatakan Amerika Serikat mencoba mencorengnya karena perusahaan-perusahaan Barat tertinggal dalam teknologi 5G.

Pompeo mengatakan negara-negara telah menyadari biaya menempatkan vendor yang “tidak dipercaya” dalam sistem mereka.

“Seiring waktu, saya pikir dunia akan menyadari bahwa itu bukan jalan yang benar dan Anda akan melihat teknologi Barat yang dapat diverifikasi, dapat dipercaya, dan transparan mendominasi pasar telekomunikasi,” katanya.

5G, yang akan menawarkan kecepatan data yang jauh lebih cepat dan menjadi fondasi banyak industri dan jaringan, dipandang sebagai salah satu inovasi terbesar sejak kelahiran internet itu sendiri satu generasi yang lalu.