Presiden Peru Membela Dirinya Terhadap Pemakzulan

0
483

Presiden Peru Martin Vizcarra mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Jumat bahwa dia tidak melakukan kejahatan dan tidak akan takut menjelang sidang pemakzulan.

“Saya di sini, dengan kepala terangkat dan hati nurani saya jernih,” kata Vizcarra dalam pidatonya di depan Kongres, menambahkan bahwa negara tidak boleh “dialihkan” dari tantangan nyata.

“Jangan menimbulkan krisis baru, yang tidak perlu, yang hanya akan berdampak pada yang paling rentan,” katanya.

Peru terpukul parah oleh pandemi virus korona, bersamaan dengan kontraksi ekonomi.

Anggota parlemen berencana untuk memberikan suara pada Jumat malam tentang apakah akan menggulingkan Vizcarra dari jabatannya. Proses pemakzulan berpusat pada hubungan presiden dengan penyanyi yang kurang terkenal, Richard Cisneros, yang diberi $ 50.000 dalam kontrak pemerintah.

Kebanyakan ahli berharap Vizcarra selamat dari pemungutan suara. Dua pertiga anggota parlemen perlu menyetujui pemungutan suara untuk mencopotnya dari jabatannya.

Kongres pekan lalu memberikan suara untuk memulai dengar pendapat pemakzulan terhadap Vizcarra atas dasar ketidakmampuan moral, menyusul tuduhan dia mencoba ikut campur dalam penyelidikan kontrak pemerintah yang diberikan kepada Cisneros.

Langkah Kongres tersebut dipicu oleh legislator oposisi yang menyiarkan rekaman audio secara diam-diam yang tampaknya menunjukkan Vizcarra mengatur strategi dengan para pembantunya untuk menjawab pertanyaan tentang pertemuannya dengan penyanyi itu.

Cisneros mengklaim kontrak senilai $ 50.000 itu legal, menurut laporan media.

Awal pekan ini, pengadilan tinggi negara itu menolak permintaan Vizcarra untuk menghentikan proses pemakzulan.