Samsung Patenkan Smartphone Transparan

0
539

Sebuah paten terbaru yang diajukan Samsung menunjukkan desain smartphone transparan dengan bezel tipis. Perangkat ini mencocokkan teknologi layar baru yang sedang dikembangkan Samsung.

Berdasarkan keterangan dalam dokumen paten, teknologi yang didaftarkan ini membuat perangkat tampil transparan sepenuhnya. Untuk membantu memvisualisasikan desain futuristik ini, LetsGoDigital berkolaborasi dengan seniman 3D Giuseppe Spinelli, membuat gambar serangkaian render dari teknologi yang dipatenkan ini.

Jika melihat gambaran sketsanya, terbayang bagaimana ponsel Samsung terlihat bening seperti kaca sehingga tembus pandang memperlihatkan tangan yang menggenggam ponsel di bagian belakang.

Dikutip dari Phone Arena, sejauh ini perangkat tersebut murni baru sebatas konsep. Ada banyak aspek desain lainnya yang perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memungkinkan ponsel transparan seperti yang digambarkan.

Samsung juga perlu membuat versi transparan dari komponen internal ponsel, dan mencari cara memasukkannya ke dalam bezel super tipis. Tentu bukan tugas yang mudah untuk mewujudkannya. Muncul pula pertanyaan, apakah ada orang yang menginginkan ponsel transparan?

Meski demikian, tampilan semacam ini mungkin punya sejumlah keuntungan, misalnya fitur layar sentuh di kedua sisinya. Ponsel transparan juga bisa menghadirkan pengalaman augmented reality (AR) yang lebih kaya.

Bukan cuma Samsung yang tertarik dengan ide smartphone transparan. Sony di 2018 juga pernah mendaftarkan paten konsep layar transparan. OnePlus juga pernah mengungkapkan ide serupa yang disebutnya Concept One.

Untuk saat ini, desain smartphone ultramodern dan futuristik ini memang terdengar mengawang-awang. Tapi siapa tahu di masa depan, wujud ponsel seperti ini akan menjadi kenyataan.