Waspadalah, Hal ini dapat menyebabkan jebolnya M-Banking

0
543

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya menilai dalam sebuah teori dan hukum sekuritas, keamanan dan kenyamanan merupakan dua hal yang berbanding terbalik. Sehingga pengguna tidak dapat memperoleh kedua hal tersebut secara bersamaan.

Dalam kasus sekuritas perbankan di era digital, Alfons menyoroti hadirnya m-banking yang dinilai menjadi keputusan dilematis para perbankan.

Padahal menurutnya, sistem digitalisasi perbankan yang lebih aman dalam sekuritasnya adalah internet banking dibandingkan m-banking.

“Dibandingkan mobile banking, internet banking yang notabene dapat dikatakan sebagai kakak tua mobile banking,” kata Alfons dikutip dari situs Vaksin.com

Hal yang perlu di waspadai

Sedangkan m-banking dalam penggunaannya memang sangat sederhana, sebab tidak perlu melalui pengamanan transaksi OTP saat melakukan transaksi finansial penting seperti transfer atau pemindahbukuan dana bank.

M-banking sepenuhnya mengandalkan username dan kata kunci, baik dalam bentuk PIN maupun Password.

Hal ini yang serig Hacker lakukan jika pengguna menggunakan jaringan VPN. Mereka dapat mengekripsi jaringan di internet yang menggunakan server VPN.