Youtube akan rilis aplikasi untuk menyaingi Tik Tok

0
535
CEO Google Sundar Pichai. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
CEO Google Sundar Pichai. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Tik tok rupanya akan memiliki saingan baru, Google Alphabet Inc akan meluncurkan produk layanan video pendek bernama Shorts yang nantinya akan diproyeksikan untuk menyaingi Tik Tok.

Dalam Postingan Blog Perusahaan pada hari Senin (14/9/2020), sebagaimana dikutip dari Reuters, Shorts ini akan berada dalam Platform Youtube. Dan  dalam beberapa hari kedepan fitur ini akan dijajal di India, sebelum berkembang lebih banyak ke negara dalam beberapa bulan mendatang.

Produk baru YouTube, yang akan bersaing dengan Reel milik Facebook Inc dan TikTok milik ByteDance, akan memungkinkan pengguna merekam video secara vertikal yang dibuat khusus ponsel pintar, yang dapat ditambahkan efek khusus dan soundtrack yang diambil dari perpustakaan musik.

Pengumuman keluarnya Shorts ini bersamaan dengan resminya kerja sama antara TikTok dan Oracle Corp agar tetap beroperasi di pasar Amerika Serikat, mengalahkan Microsoft Corp dalam kesepakatan yang terstruktur sebagai kemitraan dan bukan penjualan langsung.

Masuknya Youtube kedalam ruang layanan Video Pendek juga bertepatan dengan dilarangnya Tik Tok didalam berbagai negara yang memiliki diplomasi buruk dengan China.