Ahli Sebut Obat AntiMikroba Menjanjikan untuk Sembuhkan Covid

0
493

Ilmuwan di Hong Kong mengungkapkan obat anti-mikroba terjangkau yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan infeksi bakteri, disebut-sebut menjanjikan dalam memerangi virus corona pada hewan.

Para peneliti mulai mengeksplorasi apakah metalodrug – senyawa yang mengandung logam yang lebih umum digunakan melawan bakteri – mungkin juga memiliki sifat anti-virus yang dapat melawan virus corona SARS-CoV-2.

Menggunakan hamster sebagai subjek tes, mereka menemukan bahwa salah satu obat, ranitidine bismuth citrate (RBC), adalah “agen anti-SARS-CoV-2 yang potensial.”

“RBC mampu menurunkan viral load di paru-paru hamster yang terinfeksi hingga sepuluh kali lipat,” kata peneliti Universitas Hong Kong, Runming Wang, dikutip dari AFP.

“Temuan kami menunjukkan bahwa RBC adalah agen anti-virus potensial untuk Covid-19.”

Para ilmuwan Hong Kong mengatakan RBC adalah obat yang umum tersedia yang digunakan untuk melawan tukak lambung dengan profil farmakologis yang aman dan komprehensif.

“Ini telah digunakan selama beberapa dekade sehingga cukup aman,” kata Wang.

Mereka menambahkan bahwa penelitian mereka, yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology, menyarankan metalodrug lain mungkin juga berhasil melawan virus dan harus diteliti lebih lanjut.

Sumber : CNN [dot] COM