5G Cina Tidak Sesuai dengan Hype-nya

0
584

Ratusan ribu menara nirkabel berteknologi tinggi untuk 5G telah dipasang di atap, tiang listrik, dan lampu jalan di seluruh China, tanda kuat ambisi negara itu untuk memimpin dalam teknologi baru. Namun banyak dari mereka hanya beroperasi setengah hari.

China Unicom, salah satu dari tiga operator telekomunikasi, mengumumkan pada bulan Agustus bahwa cabang Luoyang di provinsi Henan akan secara otomatis mengalihkan stasiun pemancar 5G ke mode tidur mulai pukul 9 malam. hingga jam 9 pagi karena hanya sedikit orang yang menggunakannya. Dua operator lainnya dengan cepat mengikuti dan sejak itu telah meluncurkan kebijakan yang sama di kota-kota lain di seluruh negeri.

“Mematikan BTS bukanlah penutupan manual, tetapi penyesuaian otomatis yang dibuat pada waktu tertentu,” kata Wang Xiaochu, ketua China Unicom, pada konferensi pendapatan tengah tahun perusahaan.

5G adalah salah satu investasi teknologi terbesar dalam sejarah Tiongkok baru-baru ini. Dipuji sebagai lompatan besar berikutnya dalam komunikasi digital, teknologi jaringan seluler generasi ke-5 seharusnya mengubah dunia dan memacu revolusi digital baru.

China secara resmi meluncurkan jaringan 5G komersialnya pada September 2019 dengan janji menghadirkan kecepatan digital yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung aplikasi baru dari mengemudi otonom hingga operasi virtual. Lebih dari setahun kemudian, pasar 5G terbesar sekarang menghadapi keluhan luas tentang kecepatan jaringan dan meroketnya biaya penerapan.

Sinyal menghantam dinding

Untuk menangani lebih banyak data pada kecepatan yang lebih tinggi, 5G menggunakan frekuensi yang lebih tinggi daripada jaringan saat ini. Namun, sinyal menempuh jarak yang lebih pendek dan menghadapi lebih banyak gangguan.

“5G menggunakan sinyal frekuensi ultra-tinggi, yang sekitar dua hingga tiga kali lebih tinggi dari frekuensi sinyal 4G yang ada, sehingga jangkauan sinyal akan dibatasi,” kata Wang Xiaofei, pakar komunikasi di Universitas Tianjin kepada Xinhua, kantor berita resmi pemerintah. kantor pers, tahun lalu ketika telekomunikasi negara di negara itu mulai menyediakan jaringan 5G untuk publik.

Wang mengatakan karena radius jangkauan stasiun pangkalannya hanya sekitar 100 meter hingga 300 meter, China harus membangun stasiun setiap 200 hingga 300 meter di perkotaan. Karena penetrasi sinyal 5G sangat lemah, bahkan stasiun dalam ruangan harus dibangun di gedung perkantoran, kawasan perumahan, dan kawasan komersial yang tersebar dengan padat.

Dan untuk mencapai jangkauan yang sama dengan 4G saat ini, operator pada akhirnya perlu memasang sebanyak 10 juta stasiun di seluruh negeri, menurut laporan oleh Xinhua.

“Untuk tiga tahun ke depan mulai tahun ini, 1 juta BTS 5G mungkin perlu dibangun setiap tahun,” kata Xiang Ligang, direktur jenderal Aliansi Konsumsi Informasi, asosiasi industri telekomunikasi, kepada media pemerintah tahun lalu.

Pada paruh pertama tahun ini, China hanya membangun 257.000 BTS baru. Jumlah total stasiun yang dipasang di seluruh China sejauh ini hanya sekitar 410.000 pada akhir Juni, menurut Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT).

Biaya besar, manfaat kecil?

Biaya energi yang dibutuhkan untuk menyalakan 5G telah terbukti menjadi salah satu masalah terbesar bagi perusahaan telekomunikasi China.

“Peralatan stasiun pangkalan 5G mengkonsumsi energi sekitar tiga kali lebih banyak daripada 4G karena cara teknologinya bekerja,” kata Soumya Sen, profesor ilmu informasi dan keputusan di University of Minnesota, kepada VOA melalui email. “5G menggunakan banyak antena untuk memanfaatkan sinyal yang dipantulkan dari gedung-gedung untuk memberikan keuntungan dalam kekokohan dan throughput saluran.”

Jika 5G ingin mencapai tingkat cakupan yang sama dengan jaringan 4G, tagihan listrik tahunan stasiun pangkalan akan mendekati $ 29 miliar, menurut laporan oleh China Post and Telecommunications News, outlet media langsung di bawah MIIT. Jumlah itu mewakili sekitar 10 kali lipat keuntungan China Telecom 2019, salah satu dari tiga perusahaan telekomunikasi milik negara di China.

Pada masa-masa awal, ada upaya untuk membuat 5G lebih hemat daya daripada pendahulunya, tetapi ambisinya dengan cepat sirna ketika kenyataan mulai muncul.

Dua bulan setelah peluncuran resmi layanan 5G, seorang eksekutif puncak dari operator China mengakui bahwa operator hanya membuat sedikit kemajuan dalam mengurangi konsumsi daya dan biaya 5G. Berbicara pada seminar GSMA (Groupe Speciale Mobile Association) di Beijing minggu lalu, Li Zhengmao, wakil presiden eksekutif China Mobile meminta pemerintah untuk mensubsidi biaya listrik untuk telekomunikasi.

“Ini mungkin memerlukan pemerintah untuk mendukung periode yang diperpanjang untuk biaya bulanan bersubsidi atau handset bersubsidi di tingkat B2C [bisnis ke konsumen], atau keringanan pajak dan insentif lainnya,” kata Ross Feingold, seorang pengacara dan analis risiko politik.

Total investasi bisa mencapai $ 220 miliar dalam beberapa tahun mendatang, kata Li Yizhong, mantan menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi awal tahun ini dalam sebuah forum.