Facebook Rilis Cloud Gaming Android, Apple iOS Tak Kebagian

0
480

Facebook merilis layanan cloud gaming, Facebook game di Android. Sayangnya layanan game online ini tidak tersedia di Apple iOS, kenapa?

Cloud gaming adalah layanan yang memungkinkan pengguna memainkan game online tanpa konsol cukup dengan aplikasi Facebook di Android. Sejumlah game yang sudah bisa dimainkan antara lain Asphalt 9: Legends dari Gameloft, Mobile Legends: Adventure, PGA TOUR Golf Shootout, Solitaire: Arthur’s Tale, dan WWE SuperCar.

Usut punya usut tak hadirnya layanan cloud gaming di perangkatkan iOS karena terbentur aturan Apple. Dalam aturannya Apple melarang sebuah aplikasi menjadikan distribusi software sebagai ‘tujuan utama’ dan menawarkan bar code yang menawarkan peran seperti toko aplikasi.

Sederhananya, Apple melarang Facebook menawarkan daftar game dalam aplikasi Facebook Gaming karena akan bertindak seperti toko aplikasi seperti App Store. Apple meminta daftar game ini berdiri sendiri menjadi aplikasi game mandiri yang ditawarkan di App Store.

Sementara Facebook ingin tetap game online tersebut masuk dalam aplikasi Facebook gaming. “Kami tidak ingin pengguna membuka web Facebook 20 kali dalam sehari. Kami punya aplikasi yang hebat,” ujar vice president Facebook Jason Rubin, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (27/10/2020).

“Kami sebenarnya ingin menggunakan teknologi dan browser di iOS, tetapi itu tidak memberikan manfaat optimal pada cloud game kami.”

Soal ‘perseteruan’ ini, Apple mengungkapkan memberikan izin pengembang software untuk menghadirkan cloud game di iOS dengan menjadikan game itu sebagai aplikasi mandiri. Pengembang juga dapat menghadirkan game cloud melalui browser Safari, kata Apple.