Google dikabarkan akan bersedia untuk membayar USD 1 miliar kepada perusahaan-perusahaan media untuk konten berita. Investasi ini adalah bagian dari produk baru Google yakni News Showcase.

“Komitmen keuangan ini terbesar kami hingga saat ini, akan membayar penerbit untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk jenis pengalaman berita online yang berbeda,” tulis CEO Gooogle Sundar Pichai dalam postingan blog yang dilansir detiKINET dari India Today, Selasa (6/10/2020).

Dijelaskan oleh Pichai, Google News Showcase adalah produk baru yang diklaim akan menguntungkan penerbit dan pembaca.

“Ini menampilkan kurasi editorial ruang redaksi pemenang penghargaan, untuk memberi lebih banyak wawasan kepada pembaca tentang berita yang penting, dan dalam prosesnya, membantu penerbit mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan audiens mereka ,” Jelas Pichai.

Pichai mengatakan bahwa News Showcase berbeda dari produk berita Google lainnya karena karena mengandalkan pilihan editorial yang dibuat oleh setiap penerbit tentang berita mana yang akan ditunjukkan kepada pembaca bagaimana cara menyajikannya.

Saat ini News Showcase telah diluncurkan kepada pembaca di Brasil dan Jerman. Dan Google sudah bermitra dengan 200 publikasi di banyak negara termasuk Jerman, Brasil, Argentina, Kanada, Inggris Raya, dan Australia.

Pichai mengatakan bahwa jumlah publikasi baru akan bertambah ketika Google memperluas News Showcase ke negara lain termasuk India, Belgia, dan Belanda.