Google dan Oracle Bertemu dalam Bentrokan Hak Cipta di Mahkamah Agung

0
540

Raksasa teknologi Google dan Oracle berselisih di Mahkamah Agung dalam sengketa hak cipta yang bernilai miliaran dan penting bagi masa depan pengembangan perangkat lunak.

Kasus di hadapan hakim pada hari Rabu berkaitan dengan kreasi Google atas sistem operasi Android yang sekarang digunakan pada sebagian besar telepon pintar di seluruh dunia. Google mengatakan bahwa untuk membuat Android, yang dirilis pada 2007, ia menulis jutaan baris kode komputer baru. Tetapi itu juga menggunakan 11.330 baris kode dan organisasi yang merupakan bagian dari platform Java Oracle.

Google telah membela tindakannya, dengan mengatakan apa yang dilakukannya adalah praktik umum yang telah lama diselesaikan di industri, praktik yang baik untuk kemajuan teknis. Tapi Oracle mengatakan Google “melakukan tindakan plagiarisme yang mengerikan” dan menggugat, mencari lebih dari $ 8 miliar.

Kasus ini telah berlangsung selama satu dekade. Google memenangkan putaran pertama ketika pengadilan menolak klaim hak cipta Oracle, tetapi keputusan itu dibatalkan saat naik banding. Juri kemudian memihak Google, menyebut penyalinannya sebagai “penggunaan wajar”, tetapi pengadilan banding tidak setuju.

Karena kematian Hakim Ruth Bader Ginsburg, hanya delapan hakim yang menyidangkan kasus ini, dan mereka melakukannya melalui telepon karena pandemi virus corona. Pertanyaan untuk pengadilan adalah apakah Undang-Undang Hak Cipta 1976 melindungi apa yang disalin oleh Google, dan, meskipun demikian, apakah yang dilakukan Google masih diizinkan.

Oracle, pada bagiannya, mengatakan kasusnya sederhana.

“Kasus ini tentang pencurian,” kata kepala pelobi Oracle di Washington, Ken Glueck, dalam wawancara telepon menjelang pertengkaran. Dia membandingkan apa yang dilakukan Google dengan menjiplak dari pidato orang lain. Ketika Anda menjiplak satu baris dari sebuah pidato, dia berkata: “Itu adalah pidato yang dijiplak. Tidak ada yang berkata, ‘Oh, yah, itu hanya satu baris.'”

Tetapi Kent Walker Google, kepala bagian hukum perusahaan, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Google menulis “setiap baris kode yang kami bisa sendiri.”

“Tidak ada yang pernah mengklaim hak cipta atas antarmuka perangkat lunak, tapi itulah yang diklaim Oracle sekarang,” kata Walker.

Microsoft, IBM, dan grup lobi industri teknologi dan internet utama telah mempertimbangkan – mendukung Google.

Administrasi Trump, Motion Picture Association, dan Recording Industry Association of America termasuk di antara mereka yang mendukung Oracle.