Punya Sinyal Di Sini ? Nokia Bangun Jaringan Seluler di Bulan

0
504

Nokia Finlandia telah dipilih oleh NASA untuk membangun jaringan seluler pertama di bulan, kata perusahaan itu pada hari Senin.

Jaringan bulan akan menjadi bagian dari upaya badan antariksa AS untuk mengembalikan manusia ke bulan pada tahun 2024 dan membangun pemukiman jangka panjang di sana di bawah program Artemis.

Nokia mengatakan sistem komunikasi broadband nirkabel pertama di luar angkasa akan dibangun di permukaan bulan pada akhir 2022, sebelum manusia berhasil kembali ke sana.

Perusahaan Finlandia akan bermitra dengan firma desain pesawat ruang angkasa swasta yang berbasis di Texas, Intuitive Machines, untuk mengirimkan peralatan jaringan ke bulan di pendarat bulan mereka.

Setelah pengiriman, jaringan akan mengkonfigurasi dirinya sendiri dan membangun sistem komunikasi LTE (Long-Term Evolution) pertama di bulan, kata Nokia. “Jaringan tersebut akan menyediakan kemampuan komunikasi penting untuk banyak aplikasi transmisi data yang berbeda, termasuk fungsi komando dan kontrol vital, kendali jarak jauh penjelajah bulan, navigasi waktu nyata dan streaming video definisi tinggi,” kata Nokia.