Google Photos Akhiri Layanan Gratisnya

0
574

Mulai 1 Juni 2021, pengguna akan mendapatkan penyimpanan gratis sebanyak 15GB, hal ini Google ingin mendorong penggunanya untuk mendaftar ke layanan langganan penyimpanan Google One.

Melalui blog resminya Google mengumumkan bawa Google Photos akan mengakhiri kebijakan penyimpanan secara gratis tanpa batas (unlimited) untuk file foto dan video.

Dilansir detiKINET dari CNET, Kamis (12/11/2020) setelah tanggal 1 Juni 2021 setiap foto dan video baru yang diunggah ke Google Photos akan dihitung dalam penyimpanan default 15GB yang pengguna akan dapatkan setiap akun Google baru.

Namun tak perlu khawatir Google pun mengatakan bahwa foto atau video yang sudah diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan menjadi bagian dari 15Gb tersebut.

Langkah ini dimaksudkan untuk mendorong orang-orang mendaftar ke layanan langganan penyimpanan Google yakni Google One. Paket Google One sendiri di AS mulai dari harga USD 2 atau Rp 28 ribuan perbulannya untuk penyimpanan 100GB dan fitur lainnya seperti diskon Google Store.

Jadi pengguna sebaiknya pastikan foto dan videonya untuk dicadangkan di Google Photos sebelum batas waktu Juni, karena akan dianggap gratis dan dibebaskan dari batas penyimpanan.

Pengguna dapat memeriksa kualitas cadangan di aplikasi dengan membuka Pengaturan > Pencadangan dan sinkronisasi.

Setelah perubahan diterapkan, lebih dari 80% pengguna Google Photos saat ini masih dapat menyimpan konten sekitar tiga tahun dengan 15GB gratis itu.

Google akan memberi tahu pengguna melalui aplikasi dan email setelah penggunaan hampir mencapai batas 15GB. Pengguna juga dapat menemukan perkiraan yang dipersonalisasi untuk berapa lama penyimpanan gratis yang dapat bertahan, berdasarkan seberapa sering mencadangkan foto dan video ke akun Google.

Menurut postingan blog tersebut lebih dari 4 triliun foto disimpan di Google Photos dengan 28 miliar foto dan video baru dianggap setiap minggu.

Pada bulan Juni, Google memberi penyegaran pada aplikasi Foto, dengan tampilan peta dan tiga tab untuk mengatur gambar