Zuckerberg Mengatakan Bannon Belum Cukup Melanggar Kebijakan Penangguhan

0
526

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg mengatakan pada pertemuan semua staf Kamis bahwa mantan penasihat Gedung Putih Trump Steve Bannon tidak cukup melanggar kebijakan perusahaan untuk membenarkan penangguhannya, menurut rekaman yang didengar oleh Reuters.

“Kami memiliki aturan khusus tentang berapa kali Anda perlu melanggar kebijakan tertentu sebelum kami akan menonaktifkan akun Anda sepenuhnya,” kata Zuckerberg. “Sementara pelanggaran di sini, saya pikir, hampir melewati garis itu, mereka jelas tidak melewati batas.”

Bannon menyarankan dalam sebuah video minggu lalu bahwa Direktur FBI Christopher Wray dan pakar penyakit menular pemerintah Anthony Fauci harus dipenggal, dengan mengatakan bahwa mereka telah tidak setia kepada Presiden AS Donald Trump, yang pekan lalu kalah dalam upaya pemilihan kembali.

Facebook menghapus video itu tetapi meninggalkan halaman Bannon. Perusahaan sebelumnya tidak menjawab pertanyaan tentang tindakan tersebut dan tidak segera menanggapi permintaan Reuters tentang komentar Zuckerberg.

Twitter melarang Bannon minggu lalu karena konten yang sama.

Zuckerberg berbicara tentang masalah ini di forum mingguan dengan karyawan Facebook di mana dia kadang-kadang diminta untuk mempertahankan konten dan keputusan kebijakan, seperti pertanyaan pada hari Kamis dari seorang anggota staf yang menanyakan mengapa Bannon tidak dilarang.

Ditangkap pada Agustus, Bannon mengaku tidak bersalah atas tuduhan menipu ratusan ribu donor untuk kampanye “We Build the Wall” senilai $ 25 juta. Bannon menolak tuduhan itu karena bermotivasi politik.

Sebagai kepala ahli strategi Gedung Putih Trump, Bannon membantu mengartikulasikan kebijakan “America First” Trump. Trump memecatnya pada Agustus 2017, mengakhiri masa jabatan Bannon yang bergejolak.