Seiring bertambahnya waktu pemakaian komputer atau laptop, kinerjanya akan semakin melambat. Faktornya sangat beragam, mulai dari masalah pada sistem penyimpanan sampai dengan programnya. Lantas, adakah cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop?

Jangan khawatir, sebab Anda dapat melakukan beberapa cara agar kinerja komputer atau laptop bisa meningkat. Pasalnya, apabila tidak segera diatasi, masalah kecepatan perangkat ini bisa menyebabkan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah jadi terhambat.

Jika kinerja perangkat lambat, hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

Nah supaya aktivitas tidak terganggu, Anda dapat segera menerapkan beberapa cara mempercepat kinerja perangkat yang bisa dicoba di rumah berikut ini.

1. Uninstall software yang tidak diperlukan
Komputer atau laptop sudah memuat beberapa aplikasi bawaan, tapi bila terus-menerus ditambah maka programnya akan semakin berat. Hal inilah yang dapat memicu kinerjanya jadi lebih lambat dari biasanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, uninstall beberapa software yang tidak digunakan adalah langkah yang tepat. Cobalah untuk mengkategorikan yang mana saja software yang benar-benar diperlukan.

Jangan pernah menumpuk software di dalam suatu perangkat karena hanya akan membuat kerjanya semakin berat.

Untuk uninstall program, Anda bisa klik Start > Control Panel > Uninstall a program. Segera uninstall program-program yang tidak penting atau tidak digunakan.

2. Hapus data sampah di recycle bin
File sampah (sementara) akan mengendap di tempat sampah komputer atau laptop, yaitu di Recycle Bin. Menumpuknya dalam jumlah yang banyak akan memperlambat kinerja komputer atau laptop.

Oleh karenanya, jika benar-benar sudah tidak dibutuhkan sebaiknya langsung kosongkan Kembali Recycle Bin setelah menghapus beberapa file.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan CCleaner untuk menghapus file sementara yang terdapat pada browser perangkat Anda. Untuk menghapusnya, Anda bisa klik kanan pada icon Recycle Bin > kemudian pilih Empty Recycle Bin.

3. Minimalkan program startup yang berjalan
Semakin banyak program yang berjalan pada startup, maka akan semakin melambat juga kinerja komputer atau laptop Anda. Sebaiknya Anda menonaktifkan program apa saja yang benar-benar penting dan tidak perlu berjalan pada startup.

4. Perbesar kapasitas RAM dan hardisk
Pekerjaan Anda yang multitasking akan menyebabkan kinerja suatu komputer atau laptop menjadi lambat. Maka menambah kapasitas RAM adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas hardisk. Bila memang dirasa mulai kurang dan hampir penuh, maka sangat disarankan untuk menambah kapasitas hardisk. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa membeli SSD juga untuk meningkatkan performa laptop.

5. Kurangi efek visual pada desktop
Salah satu cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop selanjutnya adalah mengurangi efek visual pada desktop. Anda pasti familier dengan beberapa elemen yang bisa mempercantik atau memperindah tampilan desktop.

Namun sebenarnya itu tidak sama sekali diperlukan, yang ada komputer atau laptop Anda akan melambat karena terlalu besar dengan efek visual.

Cara menguranginya ialah dengan cara klik Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings yang berada di pojok atas kiri jendela System.

6. Install antivirus
Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah instal antivirus. Virus atau malware dapat sangat berbahaya untuk program komputer atau laptop Anda dan memperlambat kinerjanya.

Jangan lupa Anda juga harus menginstal antivirus yang tepat agar programnya dapat membantu memulihkan kondisi dan melindungi perangkat Anda.

7. Custom virtual memory
Terakhir, Anda juga bisa meningkatkan kinerja komputer atau laptop dengan cara meng-custom virtual memory. Meskipun tidak sebesar RAM, virtual memory dapat berguna untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop Anda.

Caranya dengan masuk ke Control Panel > System and Security > System atau bisa dengan klik tombol Windows+Pause/Break. Lalu pilih Advanced system settings.
Demikian beberapa cara mempercepat kinerja komputer maupun laptop yang dapat Anda coba lakukan.

Bila Anda sudah melakukannya tetapi belum ada perubahan, sebaiknya bawa perangkat Anda ke tempat service komputer atau laptop agar segera ditangani oleh ahlinya.