Beberapa Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Dihindari agar Gula Darah Tidak Melonjak

0
276

Beberapa makanan penyebab diabetes biasanya mengandung karbohidrat tinggi sehingga bisa bikin gula darah melonjak. Bukan cuma nasi, buah-buahan kering juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Orang yang memiliki diabetes perlu menjaga pola makannya. Sebab, ada beberapa makanan penyebab diabetes beserta minuman bahkan camilan yang berisiko meningkatkan kadar gula darah Anda.Jika kadar gula darah terus-menerus tidak terkendali, risiko komplikasi diabetes pun semakin tinggi. Simak daftar lengkap makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab diabetes.

Makanan dan minuman penyebab diabetes

Menurut WHO, diabetes yang tidak terkontrol adalah penyebab utama dari kondisi serius, seperti kebutaan, gagal ginjal, stroke, hingga serangan jantung.

Salah satu penyebab diabetes atau gula darah tinggi adalah pola makan tinggi gula dan karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, tubuh sudah dalam kondisi kesulitan memproses glukosa dalam darah.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman penyebab diabetes yang perlu dibatasi atau bahkan dihindari.

1. Makanan tinggi karbohidrat 

Karbohidrat adalah sumber energi yang paling memengaruhi kadar gula darah. Makanan yang bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan adalah makanan tinggi karbohidrat.

Namun, jangan salah, Anda tetap membutuhkan karbohidrat agar memiliki energi.

Makanan tinggi karbohidrat yang sebaiknya dihindari oleh diabetesi adalah karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti putih, pasta, dan olahan tepung terigu lainnya.

Bukan cuma itu, makanan tinggi gula lainnya juga perlu Anda hindari. Sebab, karbohidrat dan gula tidak hanya datang dalam bentuk nasi atau roti.

Beberapa makanan tinggi gula dan karbohidrat yang perlu Anda hindari, antara lain:

  • Beberapa jenis biskuit
  • Beberapa jenis sereal
  • Permen
  • Sirup maple
  • Saus botolan

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih karbohidrat kompleks, seperti nasi merah atau olahan gandum utuh.

2. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Makanan dengan lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol di dalam darah. Jika kadar kolesterol sudah tinggi, risiko diabetes tipe 2 pun akan meningkat. Lemak trans umumnya dapat ditemukan pada gorengan, sedangkan lemak jenuh biasanya ditemui dalam daging berlemak, mentega, susu tinggi lemak, dan keju. Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh dan jadi penyebab diabetes, antara lain:

  • Butter
  • Minyak sawit
  • Mayones
  • Kentang goreng
  • Makanan berlapis tepung
  • Keripik kentang
  • Makanan cepat saji
  • Junk food

Sebagai gantinya, cobalah metode memasak dengan cara ditumis yang tidak memerlukan banyak minyak. Gunakan minyak zaitun agar lebih sehat.Anda juga masih bisa makan daging, tapi buanglah kulitnya atau pilih daging tanpa lemak.

3. Daging olahan dan berlemak

Daging olahan tinggi lemak juga salah satu makanan penyebab diabetes. Ini karena makanan berlemak dapat menyebabkan kolesterol yang menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes.  Apalagi, daging olahan, seperti sosis atau bacon biasanya mengandung natrium yang tinggi. Kondisi ini bisa memperburuk kondisi diabetes yang Anda alami sebab meningkatkan risiko hipertensi. Orang dengan diabetes sendiri pada dasarnya sudah berisiko mengalami masalah jantung dan pembuluh darah, seperti hipertensi. Beberapa jenis daging olahan yang bisa menyebabkan diabetes, antara lain:

  • Daging goreng berlapis tepung
  • Daging olahan, seperti sosis, nugget, bacon
  • Daging berlemak
  • Ikan goreng

Ketimbang daging merah olahan, carilah sumber protein lain, seperti daging ikan salmon, ikan sarden, telur, atau daging sapi yang diberi makan rumput.

4. Minuman dengan pemanis buatan

Mengingat orang diabetes punya masalah dalam metabolisme gula, makanan dan minuman dengan tambahan pemanis buatan perlu dihindari karena dapat jadi penyebab diabetes. Salah satu pemanis buatan yang sering ditambahkan ke dalam minuman adalah fruktosa. Fruktosa sendiri telah dikaitkan dengan resistensi insulin yang jadi penyebab diabetes tipe 2.  Beberapa minuman penyebab diabetes yang kerap mengandung gula tambahan, antara lain:

  • Soda
  • Jus
  • Alkohol
  • Teh kemasan
  • Kopi kemasan
  • Minuman dengan tambahan perasa dan gula

Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan sebanyak 1-2 gelas per hari, dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 26%. Salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Selain itu, hindari juga penyajian kopi atau teh dengan gula.

5. Buah kering

Buah mengandung beberapa vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Namun, berbeda lagi pada buah kering.

Buah kering telah kehilangan kandungan airnya sehingga konsentrasi nutrisi dan gula menjadi lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan buah kering jadi salah makanan penyebab diabetes yang perlu dihindari.

Sebagai contoh, kismis mengandung karbohidrat empat kali lebih banyak daripada buah anggur segar. Maka itu, Anda dianjurkan untuk memilih buah untuk diabetes yang dimakan segar ketimbang buah kering.

6. Yogurt buah

Yogurt adalah salah satu camilan untuk diabetes yang menyehatkan. Namun, tidak semua yogurt yang dijual di pasaran baik karena beberapa di antaranya juga tinggi gula, terutama yogurt yang punya rasa buah.

Yogurt atau yogurt drink terutama yang rasa buah biasanya telah ditambahkan pemanis buatan sehingga tinggi karbohidrat. Yogurt yang baik untuk diabetes sebaiknya adalah greek yogurt dengan rasa tawar (plain).

Greek yogurt plain biasanya punya kandungan gula yang lebih rendah ketimbang yogurt lainnya. Anda bisa memeriksanya di label informasi nilai gizi.

7. Sereal manis

Sereal yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti oat mungkin sangat direkomendasikan bagi orang yang memiliki diabetes. Namun, sereal dengan tambahan gula, bisa jadi makanan penyebab diabetes. Ini karena sereal adalah makanan yang melalui proses pengolahan. Tambahan gula di dalamnya juga membuat karbohidrat di dalamnya jadi lebih tinggi. Makan sereal manis bisa membuat kadar gula darah seorang diabetesi melonjak setelah makan. Belum lagi, kandungan protein di dalamnya umumnya sangat sedikit. Padahal, protein merupakan nutrisi yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga asupan lebih terkontrol. Untuk menjaga gula darah dan rasa lapar terkendali, lewati sarapan dengan sereal dan pilih menu rendah karbohidrat berbasis protein sebagai gantinya. Jika hendak memilih sereal, pastikan Anda memilih sereal yang terbuat dari gandum utuh dan tanpa tambahan pemanis.

8. Makanan kemasan

Makanan kemasan adalah salah satu penyebab diabetes dan pantangan makanan diabetes Makanan ringan dalam kemasan umumnya dibuat dengan tepung halus yang rendah nutrisi tapi tinggi karbohidrat. Penelitian menunjukkan, beberapa makanan ringan dalam kemasan bahkan mengandung karbohidrat lebih banyak daripada yang tertera pada label gizinya. Jika ingin terhindar dari diabetes, ganti camilan dalam kemasan ke makanan ringan yang lebih sehat seperti kacang untuk diabetes, sayuran rendah karbohidrat, hingga keju.

9. Jus buah

Meskipun jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat, jika Anda menambahkan banyak gula maka nilai gizinya akan berubah. Ini juga berlaku untuk jus buah dalam kemasan. Sebab, jus buah dalam kemasan biasanya tinggi gula. Malah, dalam beberapa kasus, jus buah bahkan lebih tinggi gula dan karbohidratnya daripada minuman soda. Minuman penyebab diabetes ini juga sarat dengan fruktosa. fruktosa adalah jenis pemanis yang dapat memicu produksi insulin, obesitas, dan penyakit jantung. Jika Anda ingin minum jus buah, lebih sehat jika Anda membuatnya sendiri dan jangan menambah gula ke dalamnya.

 Penyebab lain diabetes selain makanan 

Bukan cuma makanan dan minuman, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab diabetes, antara lain:

  • Mutasi genetik
  • Fibrosis kistik
  • Hemokromatosis
  • Sindrom cushing
  • Akromegali
  • Hipertiroidisme
  • Menderita penyakit pankreas, seperti pankreatitis
  • Mengonsumsi obat niasin, obat jenis diuretik, anti kejang, obat psikiatri, obat HIV, pentamidine, glukokortikoid

Tidak menjalankan gaya hidup sehat, seperti malas gerak atau malas berolahraga juga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes.

Cara mencegah diabetes 

Jika Anda mengalami diabetes melitus tipe 2, cara pengobatan diabetes adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti membatasi makanan dan minuman penyebab diabetes serta rajin berolaharga.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kadar gula darah tetap terkendali, antara lain:

  • Menjaga berat badan. Penelitian menunjukkan orang yang menurunkan berat badan dengan olahraga dan diet bisa menurunkan risiko terkena diabetes hampir 60%.
  • Tetap aktif secara fisik. Rutin olahraga dan menjaga tubuh tetap aktif setiap hari bisa menurunkan berat badan, menurunkan gula darah sekaligus menjaganya tetap normal.
  • Makan makanan bergizi. Makan makanan dengan vitamin, mineral, serat dan karbohidrat yang cukup. Makanan kaya serat meningkatkan penurunan berat badan dan menurunkan risiko diabetes.
  • Buat pola makan yang sehat. Diet yang baik untuk jangka panjang adalah yang membagi porsi makan sehari-hari ke dalam pembagian nutrisi yang sempurna. Separuh piring untuk buah dan sayur tanpa tepung, seperempat piring untuk biji-bijian, seperempat piring untuk makanan tinggi protein.