Dilema Identitas ‘Susi Susanti’ di Trailer Debut

0
1057

Film biopik ‘Susi Susanti – Love All‘ resmi merilis trailer pertamanya pada Rabu (18/9), usai merilis teaser pada Juli lalu.

Film yang dimainkan oleh Laura Basuki dan Dion Wiyoko itu menggambarkan polemik identitas kewarganegaraan legenda bulu tangkis tersebut di tengah membela Indonesia di ajang laga internasional.

Trailer dibuka dengan adegan wawancara Susi Susanti di ajang Thomas Uber Cup di Hong Kong pada 1998. Adegan itu menggambarkan reporter mempertanyakan kondisi Indonesia kepada Susi.

Kala itu, Indonesia yang dibela oleh Susi Susanti sedang menghadapi gejolak sosial akibat krisis moneter. Setelah itu, adegan berganti dengan diskusi yang menunjukkan ada masalah kewarganegaraan yang dihadapi oleh Susi Susanti.

Trailer kemudian menunjukkan latar cerita yang mundur, menggambarkan perjalanan Susi sejak anak-anak yang sudah menunjukkan bakat dalam bulu tangkis.

Selain itu, Susi juga mendapatkan tawaran untuk pindah ke Jakarta menjadi atlet bulu tangkis usai lolos tes.

“Ayah ingin Susi jadi pemain bulu tangkis Indonesia pertama yang memenangkan medali emas di Olimpiade,” kata ayah Susi Susanti yang diperankan oleh Iszur Muchtar.

Adegan demi adegan pun berganti, menunjukkan perjuangan dan perjalanan Susi menjadi atlet hingga satu demi satu medali ia peroleh. Semua demi mendapatkan status dirinya sebagai Warga Negara Indonesia.

Namun situasi Indonesia yang krisis menimbulkan sentimen terhadap penduduk keturunan Tionghoa, termasuk dialami oleh Susi Susanti. Tampak pula adegan ikonis ketika Susi membongkar masalah kewarganegaraannya di hadapan media.

Sejumlah adegan lain pun muncul, seperti ketika Susi menikah dengan Alan Budikusuma yang diperankan oleh Dion Wiyoko, sampai momen bersejarah yaitu Susi menangis ketika bendera Indonesia berkibar di Olimpiade Barcelona 1992.

“Saya tak perlu menganggap [masalah kewarganegaraan],” kata Susi yang diperankan oleh Laura Basuki menjawab pertanyaan reporter di Thomas Uber 1998. “Saya adalah orang Indonesia, dan selamanya jadi orang Indonesia.”

Film biopik ini diproduksi Damn I Love Indonesia Movies bersama Oreima Films, East West Synergy dan Melon Indonesia. Film Susi Susanti – Love All dijadwalkan tayang pada 24 Oktober mendatang.

Sumber : CNN [dot] COM