TikTok, Instagram, dan WhatsApp menjadi tiga aplikasi populer yang kerap digunakan dalam keseharian. Namun, menurut survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ketiganya bukan ‘raja’ aplikasi di RI.
Dalam laporan bertajuk ‘Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023’, ternyata YouTube menempati posisi pertama sebagai aplikasi media sosial paling sering diakses warga Indonesia.
Dengan persentase 65,41%, YouTube menempati peringkat pertama. Angka tersebut naik 2,39% dibandingkan tahun lalu.
Peringkat kedua ditempati Facebook dengan presentase 60,24% pengguna yang menyatakan paling sering menggunakan aplikasi milik Meta tersebut. Angka itu turun 8,12% jika dibandingkan tahun lalu.
Selanjutnya ada Instagram sebanyak 30,51%, baru kemudian TikTok (26,8%) dan WhatsApp (1,57%).
Di tengah-tengah para pengguna aplikasi media sosial, ternyata ada 10,98% orang yang mengaku tidak tahu, tidak pernah mengakses, dan tidak memiliki media sosial.
Bagi yang aktif di media sosial, durasi scrolling pun beragam. Secara rata-rata, 46,16% responden mengaku menghabiskan 1-2 jam.
Selanjutnya, sekitar 25,14% orang menghabiskan 2-3 jam berselancar di media sosial. Terakhir, ada 12,41% yang mengakses media sosial di bawah 1 jam.
Survei ini dilakukan selama periode 10 Januari – 27 Januari 2023 yang mencakup 38 provinsi di Indonesia dengan total responden sebanyak 8.510 responden.