Korea Menarik Kembali Senjata dan Pos Penjaga dari Kota Gencatan Senjata Panmunjom

0
904

Korea Utara dan Korea Selatan telah sepakat untuk menghapus senjata dan pos penjaga dari Panmunjom, “kota gencatan senjata” yang melintasi perbatasan mereka.

 

Juga dikenal sebagai Joint Security Area (JSA), Panmunjom adalah satu-satunya tempat di sepanjang perbatasan di mana pasukan dari kedua Korea saling berhadapan.

 

Tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan antara kedua negara.

 

Awal bulan ini, pasukan dari kedua belah pihak mulai memindahkan sekitar 800.000 ranjau darat yang terkubur di sepanjang perbatasan.

 

“Kedua Korea dan UNC [Komando PBB yang dipimpin AS] setuju untuk mengambil langkah-langkah menghapus senjata api dan pos militer dari JSA pada 25 Oktober, dan selama dua hari berikutnya, ketiga pihak akan melakukan verifikasi bersama,” Kementerian pertahanan Korea Selatan di Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan.

 

Pembicaraan Senin (22/10) adalah pertemuan kedua komisi JSA trilateral yang terdiri dari dua Korea dan Komando PBB, yang telah mengawasi urusan di Zona Demiliterisasi (DMZ) sejak berakhirnya permusuhan dalam Perang Korea 1950-53.

 

Desa ini digunakan sebagai titik pertemuan, dan para pemimpin kedua Korea bertemu di sana dua kali tahun ini.

 

Pada hari Kamis, senjata api dan pos penjaga akan dipindahkan dari zona, yang dapat mengurangi kemungkinan insiden serupa.

 

Hubungan antara Utara dan Selatan – yang secara teknis masih berperang – telah membaik dalam beberapa bulan terakhir.

 

Langkah Senin disepakati ketika Kim Jong-un dan mitra Korea Selatannya Moon Jae-in bertemu bulan lalu di Pyongyang untuk pembicaraan yang berpusat pada negosiasi denuklirisasi yang macet.

 

Itu terjadi setelah pertemuan bersejarah antara Mr Kim dan Presiden AS Donald Trump di Singapura pada bulan Juni di mana kedua pemimpin itu setuju, dalam arti luas, untuk bekerja menuju semenanjung Korea yang bebas nuklir.

 

Pada bulan April, Korea Selatan mengatakan telah menghentikan siaran propaganda melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan untuk “meredakan ketegangan militer antara kedua Korea”.