Layanan silsilah terkemuka, Ancestry.com, telah menolak untuk mengeksploitasi DNA pengguna setelah mengkritik syarat dan ketentuannya.
Layanan pengujian DNA perusahaan AS menyertakan hak untuk memberi lisensi “abadi” kepada Ancestry untuk menggunakan materi genetik pelanggan.
Seorang pengacara perlindungan data New York melihat klausul tersebut dan menerbitkan sebuah blog peringatan tentang implikasi privasi.
Ancestry mengatakan kepada BBC Radio 4 Anda dan Anda syaratnya diubah.
Berkantor pusat di Utah, Ancestry adalah salah satu perusahaan silsilah profit-profit terbesar di dunia, dengan layanan pengujian DNA yang tersedia di lebih dari 30 negara.
‘Abadi’
Perusahaan tersebut, yang menggunakan sampel air liur pelanggan untuk memprediksi etnis genetik mereka dan menemukan koneksi keluarga baru, mengklaim memiliki lebih dari 4 juta profil DNA di database-nya.
Ancestry juga menyimpan profilnya selamanya, kecuali jika pengguna meminta mereka untuk dihancurkan.
Syarat dan ketentuan perusahaan telah menyatakan bahwa pengguna memberi perusahaan lisensi “lisensi abadi, bebas royalti, di seluruh dunia, dapat disublisensikan, dapat dialihkan” ke data DNA mereka, untuk tujuan termasuk “produk dan layanan pribadi”.
Dalam sebuah pernyataan kepada Anda dan Yours, juru bicara Ancestry mengatakan bahwa perusahaan “tidak pernah mengambil data pelanggan” dan akan “menghapus klausul perpetuitas”.
Ditambahkan: “Kami akan menghormati komitmen kami untuk menghapus data pengguna atau menghancurkan sampel DNA mereka jika mereka memintanya. Pengguna memegang kendali.”
Bagaimana alat tes DNA menjadi bisnis besar
‘Tidak sadar’
Joel Winston, seorang pengacara hak konsumen dan mantan jaksa agung New Jersey State, adalah orang pertama yang menemukan kata-kata hukum dan untuk memperingatkan kemungkinan implikasi tersebut.
“Ancestry.com mengambil alih kepemilikan DNA Anda selamanya, kepemilikan DNA Anda, di sisi lain, terbatas dalam beberapa tahun,” katanya.
Dia menambahkan: “Berapa banyak orang yang benar-benar membaca kontrak tersebut sebelum mengklik untuk menyetujui? Berapa banyak kerabat pelanggan Ancestry.com yang juga sedang membaca?”