Kesulitan Tidur? Polusi Udara Bisa jadi penyebabnya!

0
1322

Polusi udara di sekitar Anda bisa mempengaruhi seberapa baik Anda tidur, sebuah studi baru menemukan.

Periset menemukan bahwa orang-orang dalam penelitian yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi 60 persen lebih mungkin untuk tidur nyenyak, berdasarkan pada tindakan yang digunakan dalam penelitian ini, daripada mereka yang tinggal di daerah dengan udara bersih.

Kurangnya tidur kronis telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, kata studi tersebut.

“Tidak cukup tidur dan tidur berkualitas rendah mempengaruhi kinerja masyarakat, meningkatkan risiko kecelakaan kendaraan, menurunkan mood,” kata Dr. Martha E. Billings, penulis utama studi tersebut dan asisten profesor kedokteran di University of Washington. . [5 Penemuan Tidur yang Mengejutkan]

“Seiring waktu, ada risiko penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih tinggi pada orang yang tidak cukup tidur, jadi ada banyak implikasi dan juga kesejahteraan umum dan kualitas hidup,” kata Billings.

Para peneliti menggunakan data dari studi yang sedang berlangsung yang disebut Studi Atherosclerosis Multi-Etnis (MESA) untuk mencari korelasi antara paparan polusi udara dan kualitas tidur dari 1.863 individu di enam kota A.S. Para peneliti memusatkan perhatian pada dua ukuran kualitas tidur – efisiensi tidur, yaitu jumlah total waktu yang benar-benar menghabiskan waktu tidur, dan frekuensi terbangun setelah tertidur.

Peserta studi memakai jam tangan aktigrafi, yang mirip dengan FitBit. Mereka mendeteksi berapa kali setiap orang terbangun di malam hari dan berapa lama mereka terjaga, kata Billings.

Para peneliti membandingkan data ini dengan informasi tentang konsentrasi dua polutan udara utama di sekitar rumah para peserta. Mereka melihat nitrogen dioksida (NO2) dan polusi partikel halus (PM2.5), yang berarti partikel padat di udara yang memiliki diameter kurang dari 2,5 mikrometer. Informasi ini berasal dari situs pemantauan Environmental Protection Agency di seluruh A.S. yang dikombinasikan dengan data lingkungan lokal dan pemodelan statistik.

Para peneliti mengelompokkan partisipan ke dalam kuartil berdasarkan tingkat polusi udara di daerah mereka, kata Billings. “Kami menemukan bahwa ada kemungkinan sekitar 60 persen lebih tinggi untuk memiliki efisiensi tidur rendah jika Anda memiliki keterpaparan dalam kuartil tertinggi polusi udara.”

Efisiensi tidur rendah, seperti yang didefinisikan para peneliti dalam penelitian ini, berarti tertidur kurang dari 88 persen waktu yang dihabiskan di tempat tidur. Para periset menemukan bahwa persentase orang yang menderita efisiensi tidur rendah serta jumlah total waktu yang mereka bangun meningkat dengan konsentrasi polusi udara di rumah mereka.

Studi tersebut menemukan sebuah asosiasi, bukan hubungan sebab-akibat, antara tingkat polusi udara dan kualitas tidur. Billings mengatakan para periset tidak tahu bagaimana polusi udara dapat mempengaruhi tidur, namun ada banyak kemungkinan mekanisme di mana polusi udara dapat menyebabkan orang meleleh dan berbalik. [7 Fakta Aneh Tentang Insomnia]

“Mungkin karena mereka terkena lebih banyak kebisingan lalu lintas yang mengganggu tidur mereka,” kata Billings. “Bisa juga efek dari polusi udara itu sendiri yang menyebabkan iritasi saluran napas Terkadang partikel kecil itu bisa masuk ke aliran darah dan itu bisa mempengaruhi regulasi tidur di otak – itu hipotesis kita, tapi kita masih butuh penelitian lebih lanjut untuk Tunjukkan apakah ini benar-benar terjadi. ”

Usia rata-rata peserta penelitian adalah 68. Billings mengatakan bahwa dia dan timnya memastikan untuk menyesuaikan faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas tidur orang, seperti massa tubuh, usia, merokok atau memiliki kondisi tertentu, termasuk sleep apnea atau depresi.

Polusi udara telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kondisi pernafasan, termasuk asma dan bahkan kanker paru-paru. Namun, studi terbaru menunjukkan adanya hubungan antara polusi udara dan berbagai masalah kesehatan yang jauh lebih luas. Sebagai contoh, sebuah studi oleh para periset di University of Birmingham di Inggris yang diterbitkan awal tahun ini menemukan bahwa setiap tambahan 10 mikrogram PM2.5 per meter kubik udara dikaitkan dengan 22 persen peningkatan risiko kematian dari semua jenis kanker. Pada orang tua.

Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita hamil yang menghirup udara yang sangat tercemar cenderung melahirkan sebelum waktunya, menurut Institut Lingkungan Stockholm. Sebuah tim dari University of Lancaster di Inggris menemukan partikel polusi udara di otak manusia, dan mengatakan bukti tersebut menunjukkan partikel-partikel ini dapat menyebabkan demensia.