Obama tiba di Indonesia Jumat, diawali libur di Bali jelang Lebaran

0
1318

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga dijadwalkan tiba di Bali, Jumat (23/6) untuk berlibur selama lima hari, berlanjut ke Yogyakarta, sebelum ke Jakarta.

Di Jakarta, Obama akan membuka Kongres Diaspora Indonesia, dan menjadi tamu Presiden Joko Widodo.

Dalam perjalanan ini, Obama akan didampingi mantan ibu negara, Michelle Obama, dan kedua anak mereka, Malia dan Sasha, serta beberapa anggota keluarga mereka yang lain, serta sejumlah staf.

Panglima Kodam Kodam IX Udayana, Mayjen Komarudin Simanjuntak, dikutip Jakarta Post mengatakan telah mendapat informasi bahwa kunjungan Obama di Bali akan berlangsung mulai 23 Juni hingga 28 Juni, siap mengamankan kunjungan Obama.

“Sejauh ini kami memang belum mendapat pemberitahuan resmi, tapi kami sudah mendengar (kedatangan keluarga Obama tanggal 23 Juni),” kata Komarudin seperti dikutip Jakarta Post.

Belum jelas, di mana Obama dan keluarganya akan menghabiskan liburan di Bali.

Namun setelah Bali, keluarga Obama akan bertolak ke Yogyakarta, menikmati liburan berikutnya selama beberapa hari.

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Jakarta untuk menyampaikan pidato kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017. Ini akan menjadi pidato pertama Obama di Asia, sejak menyelesaikan dua masa jabatannya sebagai presiden AS.

Dalam jumpa pers beberapa waktu lalu, Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) dan juga mantan Dubes Indonesia di AS, Dino Patti Djalal mengungkapkan, “Kita tahu Obama memiliki hubungan sangat spesial dengan Indonesia, dan menjadi sosok yang menginspirasi juga bagi masyarakat dan diaspora Indonesia,” katanya.

Pidato Obama ini akan menjadi sesi tertutup dalam kongres diaspora itu, yang hanya dapat diikuti oleh sekitar 3.500 peserta yang terdiri atas diaspora Indonesia, undangan, serta publik terseleksi.

Barack Obama terakhir kali datang di Indonesia tahun 2010, dalam perjalanan yang disebutnya ‘pulang kampung.’

Obama memang pernah menjalanai masa kecil di Indonesia, padaa 1967 hingga 1971.

Adiknya seibu, Maya Soetoro-Ng, mengatakan bahwa kendati hanya empat tahun hidup di Indonesia, buat Obama Indonesia merupakan semacam rumah kedua.

Obama, kata Maya Soetoro-Ng kepada BBC Indonesia beberapa waktu lalu, antara lain gemar sekali dengan masakan Indonesia.

“Terutama bakso, ikan pepes, sambal tempe. Selain makanan kami sering membahas kehidupan di kampung. Waktu kakak saya kecil sering bermain sepak bola. Bermain layang-layang di kawasan Menteng Dalam, Jakarta, di gang. Dia ingat banyak tentang Indonesia,” katanya.

Sumber : bbc.com