Kesepakatan TikTok Bergerak Maju dengan Oracle

0
589

ByteDance, perusahaan China di balik aplikasi berbagi video TikTok yang sangat populer, telah menolak tawaran Microsoft untuk membeli aplikasi tersebut dan tampaknya condong ke arah kesepakatan dengan investor yang dipimpin oleh Oracle.

Dalam perintah eksekutif terpisah yang dikeluarkan pada bulan Agustus, Presiden AS Donald Trump melarang individu atau perusahaan Amerika untuk berbisnis dengan ByteDance setelah 20 September, dan memerintahkan ByteDance untuk mendivestasikan aset AS-nya pada pertengahan November.

Pada hari Minggu, New York Times melaporkan bahwa tawaran Microsoft ditolak oleh ByteDance dan bahwa perusahaan China tersebut mengatakan bahwa Oracle akan menjadi “mitra teknologinya”. Tidak jelas persyaratan kesepakatan yang sedang dibahas.

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft mengatakan proposalnya “akan bagus untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional. Untuk melakukan ini, kami akan membuat perubahan signifikan untuk memastikan layanan memenuhi standar tertinggi untuk keamanan, privasi, keamanan online, dan memerangi disinformasi. ”

Nasib TikTok di AS tergantung pada keseimbangan saat mendekati tenggat waktu administrasi Trump. Dalam beberapa bulan terakhir, aplikasi video telah menjadi fokus ketegangan AS-China dengan pemerintah yang menuduh perusahaan tersebut bertanggung jawab kepada pemerintah China, klaim yang dibantah TikTok.

Tetapi bahkan dengan masalah keamanan tentang TikTok, orang Amerika terus mengunduh aplikasi. Pada akhir kuartal pertama 2020, TikTok melihat lebih dari 300 juta unduhan di AS, menurut data Go. Verizon.

Microsoft bersama dengan Walmart membuat kesepakatan dengan ByteDance. Kelompok investor kedua yang dipimpin oleh Oracle muncul sebagai calon penawar. Oracle adalah salah satu dari sedikit perusahaan Silicon Valley dengan eksekutif puncak yang telah mengadakan penggalangan dana untuk Presiden Trump.

Saat negosiasi berlangsung, pemerintah China mengubah aturan ekspornya yang menghentikan TikTok dari menjual algoritme rekomendasinya yang berharga, yang dijuluki “Untuk Anda”, yang mengantre video berikutnya untuk ditonton pengguna.

Tidak jelas apakah kesepakatan apa pun dengan Oracle akan melibatkan algoritme.