Tanaman Hias yang Bawa Hoki menurut Feng Shui

0
835

Pamor tanaman hias bawa hoki ini banyak dicari. Tidak sekadar sebagai koleksi, namun ada juga yang memanfaatkan tanaman hias untuk dijual kembali demi meraup pundi-pundi.

Akan tetapi, maksud dari tanaman pembawa ‘hoki’ bukan berarti Anda bisa langsung untung dalam segala hal.

Mengutip penuturan Angelina Fang yaitu senior konsultan Feng Shui Consulting Indonesia pada laman Wolipop, tanaman hias bukanlah faktor penentu keberuntungan seseorang.

Fang menambahkan, secara logis tanaman disebut ‘hoki’ karena punya manfaat seperti menyerap polutan ruangan yang menguntungkan pemiliknya jadi mendapat udara bersih.

Jenis tanaman tertentu yang mampu membersihkan racun udara ini tentu mendatangkan kebaikan, seperti kesehatan. Kalau badan, pikiran sehat tentunya akan menghasilkan energi baik.

Menurut Feng Shui, rekomendasi tanaman di bawah ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi karena memiliki sejumlah manfaat untuk pemiliknya. Berikut tanaman hias bawa hoki dan memberikan manfaat bagi pemiliknya.

1. Krisan/Serunai (Chrysanthemum)

Bunga Krisantemum

Simbol feng shui pada tanaman serunai adalah kehidupan yang mudah karena dianggap mempunyai energi kuat untuk mendatang kan keuntungan.

Terlepas dari arti secara ilmu topografinya, ada sisi ilmiah yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih tanaman serunai sebagai koleksi.

Serunai atau krisantemum merupakan tumbuhan berbunga famili Asteraceae dari daratan Asia dan Eropa Timur Laut.

Ciri dari tumbuhan bunga krisan ini terdapat celah bergerigi, daunnya tumbuh menyilang pada cabang. Batang krisan bertekstur lunak serta memiliki warna hijau.

  • Manfaat Tanaman Bunga Krisan

Tanaman krisan menyimpan sejumlah manfaat. Hal itu dibuktikan oleh hasil penelitian NASA Clean Air Study yang menyebut bahwa krisan mampu membersihkan racun udara.

Di Jepang, bunga krisan disebut ‘kiku’ karena aromanya wangi sehingga memungkinkan bila disimpan dalam ruangan sebagai pengharum alami.

Selain itu, bunga krisan sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman herbal budaya Tiongkok untuk menetralkan toksik dalam tubuh dengan cara diminum menjadi teh.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa maksud hokinya ada pada kegunaan tanaman itu sendiri yang menyimpan berbagai manfaat.

2. Palem Parlor (Chamaedorea Elegans)

Parlor palm plant decorating black wooden dresser. Modern home decor.

Kemudian ada palem parlor yang juga termasuk sebagai tanaman hias bawa hoki. Konon tumbuhan ini pembawa keseimbangan menurut feng shui.

Sebutan lain dari palem parlor adalah palem ruang tamu atau pacaya. Biasanya parlor dijadikan tanaman indoor karena mampu bertahan dalam ruang redup.

Pertumbuhan palem parlor bisa mencapai tinggi sekitar 4 meter. Tidak hanya tumbuh dalam wadah pot, parlor memungkinkan bila ditanam langsung di tanah.

Karena mudah beradaptasi pada jenis tanah apa pun, palem juga bersahabat dengan iklim tropis hingga subtropis serta kuat terhadap berbagai cuaca.

  • Manfaat Tanaman Hias Palem Parlor

Sama seperti tanaman serunai, palem parlor bermanfaat untuk menyerap toksik dalam ruangan. Sehingga tak heran mudah dijumpai dalam perkantoran atau mall.

Kelebihan palem parlor dalam memurnikan udara diperkuat dengan hasil penelitian NASA Clean Air Study.

Selain itu, dampak dari ruangan bersih serta bebas udara beracun akan sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Manfaat baik dalam tanaman palem parlor ini menjadi bukti bahwa karakternya memang menguntungkan, terlebih bagi kesehatan.

3. Money Tree (Pachira)

A Pachira aquatica planet, often sold as a

Tanaman hias pachira atau money tree sudah sangat melekat dengan citra pembawa ‘hoki’ bagi perihal keuangan berdasarkan ilmu feng shui.

Bahkan ada juga yang percaya bahwa batang money tree harus dikepang dengan jumlah ganjil yaitu tiga atau lima. Jika mendapatkan batang genap maka dianggap ‘sial’.

Batang berjumlah lima bermakna ‘elemen keseimbangan’ yaitu tanah, api, air, angin, dan logam.

Budidaya tanaman asal Amerika Tengah ini cukup populer, terutama di Indonesia. Harga bibitnya masih relatif terjangkau dan mudah ditemui.

  • Manfaat Tanaman Hias Money Tree

Sifat tanaman yang tidak memerlukan banyak air dan hanya butuh intensitas cahaya sedang membuat perawatan pachira tergolong mudah. Tak heran banyak kaum pemula memanfaatkannya sebagai koleksi tanaman hias.

Faedah lain memiliki tanaman pachira di rumah adalah, kemampuannya dalam mengatasi gangguan tidur serta mengurangi stres.

Pembuktian manfaat pachira tersebut ada dalam riset NASA mengenai cara kerja tanaman dalam menetralkan udara kotor.

Jadi wajar saja apabila pachira masuk dalam kategori tanaman hias bawa hoki karena benar adanya mempunyai manfaat baik.

Sumber : CNN [dot] COM