10 Tempat Wisata yang Punya Mitos Enteng Jodoh

0
742

Indonesia memiliki banyak legenda dan mitos, tak sedikit yang mengenai jodoh. Meski jodoh ada di tangan Tuhan, namun masih banyak saja turis lokal yang ramai-ramai datang ke objek wisata di daerah untuk melakukan ritual enteng jodoh.

Mata air dan air terjun menjadi tujuan utama untuk ritual tradisional mendatangkan jodoh. Percaya atau tidak, tapi membasuh diri dengan mata air segar memang menyehatkan badan.

Selain itu ada pula batu dan pohon yang dipercaya bisa mendekatkan diri dengan jodoh sampai melanggengkan hubungan pasangan. Salah satu yang terkenal ialah Pohon Jodoh di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Selain Pohon Jodoh, berikut sejumlah objek wisata di penjuru Indonesia yang dipercaya bisa mengentengkan jodoh:

1. Air Terjun Sekar Langit

Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari berawal dari air terjun yang berada di puncak Gunung Telomoyo, Jawa Tengah ini.

Bagi para wanita, mandi di dalam kolamnya dipercaya bisa menambah aura kecantikan. Sementara bagi orang yang masih jomblo bisa bermeditasi di sini pada Selasa dan Jumat Kliwon untuk mengentengkan jodoh.

2. Pemandian Yeh Sanih

Berada di Desa Sanih, Buleleng, Bali, pemandian ini berupa kolam dengan mata air alami yang terus mengalir sepanjang tahun.

Pasangan yang membasuh badan di sini dipercaya bakal memiliki hubungan yang langgeng.

3. Pulau Asmara Situ Patenggang

Indah dan melegenda, adalah dua kata yang bisa menggambarkan danau yang berada di Bandung ini.

Terdapat Batu Cinta di sini, di mana pasangan yang mengelilinginya bakal diberi hubungan yang awet. Sementara bagi orang yang jomblo bisa segera mendapatkan jodohnya.

Image result for pulau asmara situ patenggang

4. Curug Putri

Mandi di aliran air yang bersih memang membuat badan terasa lebih segar. Tapi mandi di air terjun yang berada di Desa Cisantana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ini katanya juga bisa mengobati penyakit dan mengentengkan jodoh.

5. Pemandian Wendit

Berupa kolam dengan sumber mata air alami, pemandian yang berada di Malang, Jawa Timur, ini dipercaya juga bisa mengentengkan jodoh para pengunjungnya.

Sumber airnya berasal dari Air Sendang Widodaren yang jernih dan segar.

6. Air Terjun Kolam Jodoh

Sesuai namanya, air terjun yang berada di Desa Lewa, Sumba, Nusa Tenggara Timur, ini juga dipercaya bisa segera mendatangkan jodoh bagi pengunjung yang mandi di kolamnya.

Medan menuju air terjun memang tak mudah, namun pemandangan sesampainya di sana sangatlah indah.

7. Air Terjun Waai

Air terjun yang berada di Desa Waai, Ambon, ini menjadi habitat belut raksaksa yang hidup di dalam guanya. Ada mitos kalau berhasil memegang belut maka orang tersebut bakal segera bertemu dengan jodohnya.

Sayangnya, belut hanya keluar pada saat tertentu saja.

8. Umbul Jumprit

Setiap Selasa dan Jumat Kliwon banyak pengunjung yang bermeditasi dan berendam di sini. Mata air ini juga digunakan untuk upacara Hari Raya Waisak setiap tahunnya.

Selain enteng jodoh, orang yang berendam di dalam kolamnya juga dikatakan bisa awet muda.

Image result for umbul jumprit

9. Pantai Mata Air Seratus

Moli Sahatu adalah nama lain dari pantai indah yang berada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, ini. Di antara bebatuannya, uniknya ada mata air tawar yang muncul.

Mitos masyarakat setempat mengatakan bahwa air tawar itu bisa diusap ke wajah untuk mengentengkan jodoh.

10. Jembatan Akar Painan

Jembatan yang berlokasi di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, ini terlihat megah walau terbuat dari akar dua pohon kubang besar yang berdiri di masing-masing tepinya.

Pengunjung yang datang bisa mandi di Sungai Bayang yang mengalir di bawahnya agar segera enteng jodoh.

Image result for Jembatan Akar Painan

Sumber : CNN [dot] COM