Idul Adha: Ibadah haji di Arab Saudi pada tahun kedua pandemi

0
711

Puluhan ribu jemaah menjalani ibadah haji di Mekah pada tahun kedua pandemi virus corona.

Selama beribadah, para jemaah diharuskan menjaga jarak dan mengenakan masker.

Jemaah haji

Jumlah jemaah yang mengikuti ibadah pada 2021 ini lebih banyak ketimbang tahun lalu, tapi masih jauh di bawah jumlah jemaah pada masa sebelum pandemi yang mencapai sekitar dua juta jemaah.

Jagak jarak di Jabal Rahmah, di Padang Arafah.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Kerajaan Arab Saudi hanya membolehkan 60.000 penduduk setempat untuk mengikuti ibadah haji. Ke-60.000 jemaah itu dipilih secara online dari sekitar 550.000 orang yang mengajukan permohonan.

Jemaah yang diperbolehkan mengkuti ibadah harus telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 dan berusia antara 18 hingga 65 tahun tanpa riwayat peyakit kronis.

Beberapa di antara jemaah tersebut tampak menunggu moda transportasi resmi yang membawa mereka ke Masjidil Haram di Mekah.

mekah, saudi

mekah, saudi

Jemaah menuju Masjidil Haram untuk melakukan tawaf atau mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali, salah satu rangkaian ibadah haji.

Sebelum pandemi, ibadah haji biasanya diikuti jutaan orang. Pada 2019, misalnya, sekitar 2,5 juta orang mengikuti proses ibadah haji.

mekah, saudi

mekah, saudi

Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi mengatakan ibadah tahu ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Setiap tiga jam, 6.000 orang mengikuti proses tawaf berdasarkan kedatangan. Setelah satu kelompok pergi, proses sterilisasi dijalankan di tempat suci,” kata juru bicara Kementerian Haji, Hisham al-Saeed, kepada kantor berita AFP.

A Muslim pilgrim prays in the Grand Mosque in the holy city of Mecca, Saudi Arabia

Pilgrims arrive at the Kaaba, Islam's holiest shrine, at the Grand mosque in the holy city of Meccca

Para pejabat juga mengatakan para jemaah juga dibagi ke kelompok-kelompok. Satu kelompok berisi 20 orang. Mereka harus berjalan di koridor yang telah ditetapkan sehingga dapat menjaga jarak.

Pada Juli 2020, diperkirakan hanya sekitar 10.000 warga Saudi yang mengikuti ibadah haji tanpa adanya laporan penularan signifikan.

Arab Saudi mencatat lebih dari 500.000 kasus Covid dan 8.000 kematian selama pandemi. Kemudian lebih dari 21,5 juta vaksin telah diberikan di negara itu, tapi hanya sekitar 10% dari populasi yang sudah divaksinasi secara penuh menurut Our World in Data.

Pilgrims arrive to attend the Hajj season in the holy Saudi city of Mecca

Sumber : BBC [dot] COM